Bupati Sampaikan Tiga Raperda Sidang Paripurna DPRD

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Epin

Koran SINAR PAGI, EMPAT LAWANG, – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Empat Lawang, Bupati sampaikan Tiga (3) Raperda dan mendengarkan penyampaian Raperda dari pihak Eksekutif, di gedung DPRD Empat Lawang, Kamis (30/06/2022).

Adapun Ketiga Raperda tersebut sebagai berikut ; Reperda tentang pelaksanaan anggaran Pemerintah Kabupaten Empat Lawang tahun 2021, Raperda tentang pengelolaan air limbah dan Raperda tentang bangunan gedung.

Dalam rangka memenuhi kewajiban konstutional sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, bahwa kepala Daerah menyampaikan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dalam bentuk laporan keuangan yang sudah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Bupati berharap agar Raperda ini segera dibahas ke tahap-tahap selanjutnya, mengingat Raperda tentang pertanggung jawaban APBD tahun 2022 sudah disampaikan ke Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

“Pada kesempatan ini juga kami menyampaikan Raperda tentang bangunan gedung, sesuai amanat peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2021, tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 28 tahun 2022,” ujarnya.

Selain itu, Bupati juga mengajukan Raperda tantang pengelolaan air limbah, yang sesuai dengan amanat undang-undang nomor 11 tahun 2020. Tentang cipta kerja yang mewajibkan Kepala Daerah melakukan pembangunan, meliputi proses air tanah, air permukaan serta meningkatkan kesadaran fungsi lingkungan, khususnya sumber daya air.

“Limbah ini sangat besar. Tanpa dikelola dengan tepat dapat menyebabkan dampak bagi kesehatan manusia maupun lingkungan hidup,” ujar Bupati.

Untuk itu, Bupati meminta kepada seluruh Anggota DPRD Empat Lawang agar ketiga Raperda tersebut dapat dibahas dan disetujui sehingga dapat di Perda kan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90