Inilah SMP Terbaik Di Indonesia

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Dr. Dudung Nurullah Koswara, M.Pd.
(Dewan Pembina PGRI dan Ketua DPP Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia)

Kalau boleh Saya memberi apresiasi ada sekolah terbaik di Indonesia saat ini yakni, Prima Cendikia Islami (PCI). PCI adalah sekolah yang benar-benar imut dan menggemaskan. Mengapa? Baru saja berdiri dalam tahun ajaran belum melintasi tahunan, siswanya sudah menasional.

Apa yang menasional? Diantaranya adalah giat para siswa di Kemensetneg, ke DPR RI, ke Perpusnas dan shalat berjamaah di Mesjid Istiqlal. Sebuah proses pembelajaran di luar ruang kelas yang sangat bermakna. Anak usia SMP sudah menginjakan kaki di Kemensetneg, DPR RI, Perpusnas dan Mesjid Istiqlal adalah wow.

Prof. Dr. Sartono Kartodirjo adalah begawan sejarah terbaik Indonesia. Saat kecil Ia dibawa orangtuanya belajar ke luar ruang kelas yakni salah satunya adalah Candi Borobudur. Sejak saat itu Ia tertanam bawah sadarnya untuk mencintai kebudayaan dan sejarah. Akhirnya Ia menjadi seorang sejarawan terkemuka di Indonesia.

Pemilik Yayasan PCI, Prof. Dr. Dadan Wildan Anas, nampaknya sangat mengerti dan tahu persis bahwa pengalaman di usia remaja awal bisa menentukan mimpi masa depan seorang anak didik. Sebagaimana kisah Prof. Dr. Sartono Kartodirjo, berawal dari berkunjung ke Candi Borobudur, akhirnya Ia menjadi tokoh sejarah nasional Indonesia.

Prof. Dr. Dadan Wildan Anas cukup cerdik memompakan makna, mentalitas dan bawah sadar anak SMP PCI ke sejumlah ruang belajar yang akan membuat dirinya bisa menjadi tokoh nasional. Belajar di ruang kelas adalah mainstream. Belajar di Kemensetneg, DPR RI, Perpusnas dan olah spiritual di Mesjid Istiqlal tentu sangat efektif menanamkan makna pada anak didik.

Bisa jadi lulusan SMP PCI kelak beberapa jadi tokoh di DPR RI karena sejak kecil sudah menjelajah ruangannya. Bisa jadi lulusan SMP PCI kelak beberapa jadi pejabat di Kemensetneg. Bisa jadi lulusan SMP PCI beberapa kelak jadi pejabat Perpusnas dan cendikiawan literet. Bahkan tidak menutupn kemungkinan suatu saat Imam Besar Mesjid Istiqlal lulusan SMP PCI yang rata-rata Prof. Dr. dan seorang ulama besar.

Pepatah bijak mengatakanh, “Apa yang dipikirkan dan apa yang diyakini akan menimpa diri”. Sebagai pemilik Yayasan PCI, Prof. Dr. Dadan Wildan Anas memahami ini, Ia bersama civitas akademika SMP PCI berusaha menginjeksikan pikiran dan keyakinan pada anak didiknya, dengan membawa mereka ke luar ruang kelas dan menyerap motivasi, pikiran dan keyakinannya untuk menjadi orang besar menasuional dan bermanfaat.

Sejarawan terkemuka dan paling top zaman ini, Prof. Dr. Yuval Noah Harari dan bahkan Einstein menyatakan bahwa ada satu dimensi yang jauh melintasi kekuatan akademik dan realitas objektif yakni dimensi imajinatif. Dimensi imajinatif ini akan membawa setiap manusia menembus batas ruang dan waktu, sehingga akan lahir sebuah inovasi dan karya maha agung.

Pembawa anak didik usia SMP ke level dimensi nasional tentu bisa menstimulus imajinasi luar biasa. Dari imajinasi luar biasa asbab Ia belajar di luar ruang kelas ke lokasi penuh inspirasi bisa sangat positif. Termasuk anak didik usia SMP adalah fase imajinatif yang baik dan fase penguatakn karakter yang baik. Usia SMA atau mahasiswa sudah ke arah inteletualitas dan bukan karakter lagi.

Sebagai pendidik, Dewan Pembina PGRI dan Ketua DPP AKSI, Saya apresiet dan berani mengatakan bahwa SMP PCI adalah sekolah terbaik di Indonesia. Setidaknya menuruit Saya secara pribadi sebagai praktisi pendidikan dan pengamat pendidikan. Kelak akan lahir generasi emas dari SMP PCI. Dari proses dan layanan pendidikan terbaik akan lahir alumnus terbaik.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90