PT.CGC Dalam Upaya Meningkatkan Kesejateraan Petani Kulit Kayu Manis Kerinci

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Dwi Arifin

Kerinci – Banyak pengusaha sukses di Indonesia yang berhasil menjalankan bisnis di usianya yang masih muda. Kerja keras, pantang menyerah, keuletan, serta tekad yang kuat menjadi beberapa faktor yang membuat para pengusaha ini mencapai kesuksesan. Para pengusaha ini bergelut di berbagai bidang usaha yang beragam, salah satunya di bidang Kulitmanis.

Kabupaten Kerinci merupakan salah satu daerah penghasil terbesar Kulit Manis terbaik di Provinsi Jambi, Kayumanis (Cinnamomum burmanii) merupakan komoditas unggulan ekspor Indonesia di sektor perkebunan setelah lada dan pala.

Kayumanis asal Indonesia sudah dikenal dalam dunia perdagangan rempah dunia dengan sebutan Kayumanis Koerintji atau Padang Cassia.

Keunggulan Kayumanis ini yaitu memiliki mutu kulit kayumanis yang baik dengan kadar minyak atsiri sekitar 1,29 – 3,57 % dan Kadar Sinamaldehid berkisar 91,88 – 94,19%.

Kadar Sinamaldehid Kayumanis ini melebihi standar SNI yaitu 50%. Karakteristik mutu tersebut disukai oleh negara-negara pengimpor kayumanis.

Mutu Kayumanis sangat ditentukan oleh Seleksi Pohon Induk Terpilih (PIT) dilakukan dengan memilih berdasarkan pada karakter pertumbuhan, produksi, dan penampilan tanaman.

Jumlah pohon induk terpilih yaitu 55 (lima puluh lima) pohon terdiri dari 20 pohon dari Desa Lempur Tengah, 15 pohon dari Desa Perikan Tengah, dan 20 pohon dari Desa Air Betung.

Keunggulan PIT Kayumanis Koerintji yaitu memiliki produksi kulit segar Kayumanis Koerintji berkisar 126,25 – 201,51 kg basah/pohon, sedangkan produksi kulit kering yaitu sekitar 25,41 – 39,98 kg kering/pohon dengan ketebalan kulit Kayumanis yaitu 3,65 – 6,65 mm.

Selain itu, keunggulan lain PIT Kayumanis ini yaitu memiliki mutu Kulit Kayumanis yang baik dengan kadar Minyak Atsiri sekitar 1,29 – 3,57 % dan Kadar Sinamaldehid berkisar 91,88 – 94,19%.

Kadar Sinamaldehid Kayumanis ini melebihi standar SNI yaitu 50%. Karakteristik mutu tersebut disukai oleh negara-negara pengimpor Kayumanis. 55 (Lima puluh lima) pohon induk terpilih tersebut merupakan kayumanis terbaik di Provinsi Jambi dan telah menyebar ke berbagai daerah, tidak hanya di Provinsi Jambi tetapi juga telah menyebar ke Provinsi Sumatera Barat bahkan ke Luar Negeri.

Kehadiran PT.Cahaya Gemuruh Cemerlang (CGC) di Desa Parikan Tengah, Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, disambut baik masyarakat Kerinci, walau belum lama berdiri, namun kiprahnya terhadap masyarakat setempat sangat baik, disamping itu masyarakat bisa menjual kayumanis di PT.CGC dengan harga pasaran.

PT CGC adalah perusahaan penyedia komoditas kayu manis yang memperdagangkan produk setengah jadi dan produk jadi berupa produk yang telah diolah sesuai dengan grade yang ada di pasar. Perusahaan ini rutin melakukan pengiriman kayumanis ke berbagai daerah.

Menurut Zainal, Marketing Manager PT.CGC kepada media ini mengatakan, keberadaan PT.CGC ditengah masyarakat disamping menampung hasil panen petani, namun juga pihaknya memberikan pendampingan dan memberi edukasi kepada petani.

“Perusahaan ini memberikan edukasi seperti mulai proses cara tanam, sampai panen untuk menghasilkan kayu manis berkualitas tinggi, yang bisa memenuhi standar eksport” ungkap Zainal.

Disamping itu tentu saja hadirnya PT.CGC memberi dampak positif terhadap lingkungan, arti kata juga ikut mensejahterakan masyarakat setempat.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90