Proyek Pengadaan Ternak Sapi Desa Dutuno TA 2021, Belum Juga Terealisasi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Abd.Haris

Kabupaten Buol – Dana Desa senilai Rp.192 juta (seratus sembilan puluh dua juta rupiah) Tahun Anggaran 2021 untuk pengadaan Hewan Sapi Ternak di Desa Dutuno, Kecamatan Paleleh, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, sudah dicairan, namun sangat disayangkan, hingga Tahun 2022 ini, program tersebut belum juga terealisasi.

Masyarakat Desa Dutuno mengaku sangat kecewa dengan kejadian ini, pasalnya program serupa di desa lain sudah terealisasi dan sudah dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat setempat.

Saat ditemui diruang kerjanya, Camat Paleleh, Lukman, S.Pt membenarkan bahwa dana anggaran desa sesuai jumlah yang dimaksud di atas sudah dicairkan oleh Pemerintah Desa Dutuno.

“Dana untuk kepentingan proyek pengadaan Ternak Sapi tersebut memang sudah dicairkan, namun sangat disayangkan Sapi nya tak kunjung ada,” ungkapnya.

Menurutnya, dana sejumlah Rp.192 juta tersebut untuk pengadaan 24 ekor sapi, dengan estimasi harga 1 ekor Sapi sebesar Rp.8 juta (delapan juta rupiah).

Sementara Kepala Desa Dutuno, Abdullah Is Mangge saat dikonfirmasi oleh wartawan media ini di kediamannya mengaku bahwa uang tersebut sudah diserahkan kepada pihak kontraktor penyedia Sapi.

“Uangnya memang sudah dicairkan di Tahun 2021 lalu, dan sudah diserahkan kepada pihak penyedia Hewan Sapi, namun sampai saat ini Sapi yang dipesan tidak kunjung datang,” ucapnya.

Bahkan, lanjut Abdullah, pihaknya telah melaporkan yang bersangkutan ke Kejaksaan Negeri Buol, karena dianggap telah ingkar janji dari kesepakatan (wanprestasi).

Namun kendati demikian, pihak Pemerintah Desa Dutuno dalam hal ini Abdullah Is Mangge selaku Kepala Desa harus mempertangungjawabkan kelalaiannya dalam menggunakan keuangan program bantuan, sehingga berpotensi merugikan keuangan negara.

Masyarakat Desa Dutuno mendesak Aparat Penegak Hukum (APH) untuk segera menindaklanjuti kasus ini.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90