Kerap Sulit Ditemui Wartawan, Jajaran Direksi RSUD Dr Soekardjo “Darurat Komunikasi”

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Tono Efendi

Koran Sinar Pagi, (Kota Tasikmalaya),- Jajaran Direksi RSUD Dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, akhir akhir ini terasa sulit untuk ditemui awak media. Bahkan tidak jarang wartawan ingin menggali informasi untuk dikonfirmasikan ke pihak rumah sakit milik Pemerintah Kota Tasikmalaya itu, terkesan tertutup seolah “Alergi” kepada wartawan. Bahkan tidak sedikit yang beranggapan RSUD Dr Soekardjo kini Darurat Komunikasi akibat kerapnya wartawan untuk menemui jajaran direksi selalu sulit ditemui.

Seperti yang dialami Jurnalis Koran Sinar Pagi, beberapa kali mencoba menghubungi Dirut RSUD Dr Soekardjo selalu tidak berada ditempat. Begitu pula wartawan mencoba menemui Wadirum terasa mengalami kesulitan, padahal yang bersangkutan berada diruang kerja, namun sekpri atau stafnya selalu menahan dan mencari alasan. “Maaf, pa wadirum tidak bisa ditemui sedang sibuk,” ujar salah satu staf wanita kepada wartawan dengan mimik wajah kurang bersahabat sambil “ngaleos” beberapa waktu lalu

Padahal ada beberapa pertanyaan dan temuan yang ingin dikonfirmasi kepada pihak jajaran direksi, seperti permasalahan Beberapa Kerjasama (KSO) ilegal tanpa payung hukum dari mulai KSO Lab, KSO Right Parking, Toilet Berbayar, Beberapa pengadaan barang jasa seperti Alkes, Pembangunan Proyek Poliklinik hingga sisa upah buruh yang belum terbayarkan hingga dugaan rekening Gendut yang dimiliki jajaran direksi dan keluarganya yang kini mulai terendus oleh wartawan.

Salah satu Jurnalis senior di Tasikmalaya mengakui, jika suasana di rumah sakit itu, kini memang sangat berbeda dengan jajaran direksi sebelumnya.

“Ingin menemui pa Dirut atau Wadir di RSUD Dr Soekardjo kini terkesan sulit, beda jauh dengan jajaran direksi terdahulu. Entah ada aturan baru atau memang diciptakan seperti ini sekarang ?,” Ujar jurnalis kawakan Tasik ini yang enggan disebut namanya kepada koran Sinar Pagi.

Hal sama diungkapkan pula oleh salah satu LSM di Tasikmalaya. Kepada wartawan LSM inipun merasakan kesulitan jika ingin bertemu jajaran direksi.

Ketua Jaringan Nurani Rakyat (JANUR) Uus Firman,SE. Kepada koran Sinar Pagi mengaku prihatin sekaligus miris melihat suasana RSUD Dr Soekardjo, jika mulai dari dirut hingga jajaran direksi dibawahnya kini seolah sulit dan tertutup kepada wartawan jika dimintai tanggapan atau konfirmasi terkait temuan para awak Media.

“Pada dasarnya pers mempunyai kemerdekaan dalam menjalankan profesinya. Untuk menjamin kemerdekaan pers. Wartawan mempunyai hak untuk mencari, memperoleh dan menyebarluaskan gagasan dan informasi (Pasal 4 ayat (3) UU Pers No 40 1999). Artinya, wartawan tidak dapat dilarang untuk menyebarkan suatu berita atau informasi jika memang hal tersebut berguna untuk kepentingan publik,” kata Uus kepada Koran Sinar Pagi, Senin (23/5/2022) sore tadi.

Oleh karena itu, masih kata Uus, dirinya sempat mengungkapkan jika RSUD Dr Soekardjo ingin menjadi rumah sakit yang sehat, harus ada pembenahan secara menyeluruh, dari mulai sistem di tataran birokrasi rumah sakit. Jangan ada kesan rumah sakit enggan untuk di kritik oleh media, dan ini semua demi perubahan ke arah yang lebih baik, seharusnya jajaran direksi welcome dengan kehadiran wartawan, timpal Uus.

Bahkan Uus menilai, dampak dari tertutupnya komunikasi dengan media, kini berita berita kritikan tajam terkait rumah sakit hampir terus terusan Ter ekspos baik di media online dan cetak. Maka tidak salah jika saat ini rumah sakit milik Pemkot Tasik ini bisa saja masuk kedalam level “Darurat Kominikasi”, karena sulitnya awak media menemui jajaran Direksi hanya untuk meminta tanggapan dan konfirmasi akibat tertutup aliran arus informasi.

“Jika ada komunikasi yang baik serta terjalin kemitraan yang harmonis adil dan bijaksana dengan para media, ormas, LSM dan elemen masyarakat, rasa rasanya miss komunikasi ini akan terhindari,” pungkas Lelaki berperawakan jangkung ini yang juga aktif sebagai Dewan Penasehat Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) DPC Tasikmalaya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90