Penanganan Limbah, Budidaya Cacing Solusi Bernilai Ekonomis Tinggi Bagi Masyarakat

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta A Y Saputra.

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Pemerintah Desa Panjalu mengadakan kegiatan Sosialisasi dan pelatihan Budidaya Cacing, bertempat di Bale Dusun Dukuh Desa Panjalu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis dengan dihadiri 65 orang warga,merupakan sosialisasi dan pelatihan yang ke-3. Kamis +19/5/2022)

Kepala Desa Panjalu H.Yuyus Surya Adinegara mengatakan, Budidaya cacing adalah sebuah program kerja Desa Panjalu yang diharapkan bisa menjadi salah satu solusi bagi masyarakat Panjalu dalam memenuhi kebutuhan ekonomi sehari hari.

“Permasalahan masyarakat Desa yang saat ini banyak terjerat dengan keberadaan pinjaman yang marak diantaranya yang dijuluku masyarakat dengan istilah Bank EMOK,, mudah mudahan budidaya cacing ini bisa menjadi sebuah solusi dalam pemulihan ekonomi masyarakat,” Imbuhnya.

“Budidaya cacing ini juga menjadi salah satu solusi masalah limbah yang ada di Desa Panjalu dan Kabupaten Ciamis. Dimana limbah yang ada seperti limbah kotoran sapi/kambing/sampah organik bisa digunakan sebagai media cacing dan juga untuk pakan cacing itu sendiri,” jelasnya.

“Budidaya cacing diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pupuk organik bagi para petani desa, karena kotoran cacing bisa dijadikan pupuk yg sangat potensi,” tambahnya.

“Untuk program budidaya cacing ini, Pemerintahan Desa Panjalu menggelontorkan dana Pendapatan Asli Desa Panjalu sebesar Rp. 200.000.000. Pemerintah Desa Panjalu juga menggandeng sebuah perusahaan yang berlokasi di Bandung yang sudah berjalan sejak tahun 2006. Bumdes Rahayu Waluya Desa Panjalu akan menjadi motor dalam pemberdayaan masyarakat ini,” Tandasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90