Gus Ahad Minta Pemerintah Provinsi Jawa Barat Segera Perbaiki Akses Jalan RSUD Al Ihsan

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Deviant

Koran SINAR PAGI,Bandung,-Perwakilan DPRD Komisi V, Abdul Hadi Wijaya berkesempatan berkunjung ke RSUD Al Ihsan di Baleendah, Kabupaten Bandung. Beliau melakukan komunikasi dan mendalami kondisi terakhir di RS Al Ihsan.

Menurutnya dari segi sarana dan prasarana sudah lengkap, SDM nya pun juga baik karena sudah melakukan banyak kerjasama dengan RS lain seperti RS Hasan Sadikin dan Dokter spesialis yang dimanajemen dengan baik. Ibu dr. Dewi Basmala sebagai direktur utama menyatakan bahwa RSUD Al Ihsan sangat menunjukkan perubahan/perbaikan yang signifikan dari sebelumnya.

RS Al Ihsan merupakan kombinasi dari RS milik Pemerintah Jabar yang layak dibanggakan dengan layanan-layanan yang bagus. Kementerian Kesehatan mengizinkan RSUD ini menjadi satu dari dua RS rujukan di Jabar. Pasien bisa dirujuk di RSUD Al-Ihsan sehingga tidak harus dirujuk di RSUP Dr Hasan Sadikin.

“Kelengkapan SDM tak ada masalah, untuk pasien yang tidak mampu dapat menunjukkan SKTP agar bisa dilayani, kami dari Pemprov sudah megalokasikan anggaran untuk pasien yang tidak mampu, “ Kata Gus Ahad panggilan akrabnya.

Namun, permasalahan ada pada akses jalan menuju dan ke RS Al-Ihsan yang sangat padat merayap.

“Satu permasalahan yang saya rasakan ialah permasalah tentang akses, memiliki jarak tempuh 7 km dari gerbang tol Baleendah Kab bandung atau dari tol padaleunyi yang ditempuh sangat lama 45 menit waktu datang bahkan 1 jam lebih untuk waktu pulang. Dari pengalaman tadi perjalanan 7 km sangat memakan waktu dan ini akan menyulitkan ketika ada ambulance mengangkut pasien yang sedang kritis seharusnya 7 km hanya dalam 10 menit sampai tapi memakan waktu hampir 1 jam, “ Ujar Gus Ahad

Oleh karena itu, Gus Ahad menghimbau agar pemerintah melakukan tindakan untuk segera menangani akses jalan RS Al Ihsan agar dapat ditempuh dengan lebih cepat dan tidak memakan banyak waktu terutama ketika terjadi urgensi dari RS Al Ihsan.

“Kami meminta kepada Pemprov Jabar, Gubernur dan jajarannya untuk mengupayakan kemudahan akses menuju RS ini. Apakah nantinya ada perbaikan jalan yang sudah ada dari gerbang tol Buah Batu, Baleendah atau dirancang jalan tembus dari tol Seroja yang ada di sebelah barat RS Al Ihsan. Sangat mubazir ada aset yang nilainya diatas 1 Triliun (RSUD Al Ihsan) dari Pemprov denganSDM dan manajemen yang bagus, tapi aksesnya yang tidak begitu baik. Akses ini jika diperbaiki jarak tempuhnya bisa lebih singkat,” Pungkas Gus Ahad.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90