Gebyar Gerakan Tanam Pohon Dan Peduli Lingkungan Bersama Forum Silaturahmi Dewi Sri Sukabumi (FSDSS)

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Sugama

Kabupaten Sukabumi – Forum silaturahmi Dewi Sri Sukabumi (FSDSS) bekerja sama dengan Desa Kompa Kecamatan Parungkuda mengadakan gerakan penanaman pohon dan santunan kepada kaum dhuafa, berupa pemberian beras. Adapun jenis pohon-pohon yang ditanam adalah berupa tanaman kayu-kayuan dan buah-buahan, sebanyak 900 batang, Rabu (26/01/2022).

FSDSS merupakan Komunitas Alumni Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) Negeri Bogor, yang berdomisili atau mempunyai kegiatan usaha di Sukabumi. Berdiri sejak tahun 2017 dengan anggota sebanyak 80 orang dan yang aktif saat ini adalah sekitar 30-an orang.

Sebagian besar anggota FSDSS merupakan purna bakti dari berbagai instasi pemerintahan dan swasta, sebagian ada yang masih aktif di dinas dan instansi serta ada juga yang berstatus sebagai pengusaha ataupun berwira swata.

Menurut pemaparan Ateng Herry Gahara, sebagai ketua FSDSS, menjelaskan bahwa tujuan dari pendirian FSDSS ini adalah untuk memberikan wadah kapada para Alumni SPMA dalam berkiprah untuk turut membantu masyarakat serta peduli akan kelestarian lingkungan. Oleh karena itu Komunitas ini bergerak pada bidang Sosial, edukasi dan peduli lingkungan. Seperti yang dilakukan pada saat ini adalah dengan mengadakan kegiatan penanaman pohon dan santunan kepada kaum dhuafa.

Turut bergabung dalam kegiatan penanaman pohoh hari ini dari unsur Pejabat Struktural Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah III Sukabumi beserta Penyuluh Kehutanan, Camat Parungkuda beserta Staf, Koramil dan Polres Parungkuda beserta anggota, serta masyarakat setempat/Desa Kompa.

Sebagai tuan rumah Kepala Desa Kompa, Yulianti, mengucapkan rasa terima kasih atas dipilihnya Desa Kompa dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Kepala Desa Kompa juga sangat mengapresiasi para undangan yang mendukung kegiatan penanaman tersebut.

Ia berharap kelompok tani yang ada di wilayah desanya mendapatkan pengetahuan tentang lingkungan dan penanaman pohon. Kegiatan ini memberikan manfaat yang sebesar – besarnya pada masyarakat desa Kompa khususnya, tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Camat Parungkuda, Deden Sumpena, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh FSDSS dalam memberikan santunan kepada kaum dhuafa dan melakukan kegiatan penghijauan, karena sejalan dengan kegiatan yang sedang digalakkan oleh kecamatan parungkuda untuk meningkatkan daya dukung lingkungan terhadap pertambahan populasi.

Harapannya dengan dilibatkannya masyarakat dalam kegiatan penanaman ini, akan menjamin tertanam dan terpeliharanya pohon-pohon yang telah ditanam. “Kedepannya, saya siap untuk menerima segala kerjasama dari semua pihak dalam membantu pemberdayaan masyarakat dan program apapun secara umum,” katanya.

Sementata Kasi BPSDM, Hadi Purwana yang mewakili Kepala CDK Wilayah III Sukabumi, dalam tanggapannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada FSDSS yang mengadakan kegiatan penanaman pohon ini, karena sesuai dengan missi Pemerintahan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Kehutanan Provini Jawa Barat dengan Kegiatan Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP Jabar).

Hadi Purwana juga berharap pohon-pohon yang telah ditanam untuk dipelihara dengan baik, supaya nanti setelah empat-lima tahun kedepan akan memberikan manfaat, yaitu berupa sumbangan oksigen dan menyerap gas karbon dioksida sebagai penyebab pemanasan global (global warming) serta diharapkan kegiatan ini menjadi jawaban atas kondisi lingkungan dan kerawanan bencana, terutama banjir dan longsor maupun kekeringan dimusim kemarau.

Sementara itu Koordinator Penyuliuh Kehutanan CDK Wilayah III Sukabumi, Subarjo Senoaji yang sekaligus merupakan Alumnus SPMA Negeri Bogor juga, menyatakan kekagumannya terhadap para seniornya di FSDSS yang mana anggotanya sebagian besar merupakan lensiunan dan telah lanjut usia, tetapi masih semangat untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

Selanjutnya Subarjo, akan menegaskan kepada seluruh Penyuluh Kehutanan di wilayah Sukabumi untuk lebih bersemangat dan bekerja lebih keras dalam upaya melestarikan lingkungan dan membina masyarakat di lingkunghan kerjanya, sebagaimana yang telah di contohkan oleh FSDSS.

Kegiatan penanaman pohon di Desa kompa tersebut selanjutnya akan dilanjutkan oleh masyarakat setempat, dengan membagikan bibit tanaman kayu-kayuan dan buah-buahan sumbangan dari FSDSS itu kepada masyarakat melalui Ketua RT masing-masing. Diharapkan dengan melibatkan masyarakat, pohon-pohonan yang telah dibagikan dapat ditanam dan dipelihara dengan baik.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90