Wabup Ciamis Launching Destinasi Wisata Bukit Meralaya Desa Mekarsari

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : A Y Saputra

Kabupaten Ciamis – Loanching Destinasi Wisata Bukit Meralaya Desa Mekarsari Kecamatan Tambaksari diresmikan wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, didampingi Sekdis Parawisata, Camat Tambaksari, Rd Herdiana, Kepala Desa Mekarsari, Ratam, BPD, LPM, Danramil Rancah, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tamu undangan, Minggu (09/01/2022).

Ketua Karangtaruna Desa Mekarsari, Wendri mengatakan, tempat tersebut sudah terkenal sejak dari dulu dengan sebutan PLPM, “Kami Karangtaruna Desa Mekarsari mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa yang telah mendukung pengembangan destinasi wisata, dan mempercayakan pengelolaanya.

“Sampai saat ini Destinasi Wisata Bukit Meralaya ini belum terpikirkan untuk menggandeng pihak ketiga, harapanya dengan destinasi ini masyarakat banyak terlibat sehingga bisa lebih berkembang dan bisa meningkatan PAD,” katanya.

Kepala Desa Mekarsari Ratam mengatakan, Merayata merupakan bukit dengan tinggi sekitar 500 M dari permukaan laut, “Sejak 2019 lokasi ini di tata dengan menggunakan anggaran Dana Desa, sudah berjalan 2 tahun dan begini adanya,” ucapnya.

Disebutkan, dari tanah desa seluas 12 H, 3 H yang digunakan untuk destinasi wisata ini. “Untuk pengelola kami serahkan ke Bumdes dan Karangtaruna desa, harapan kami pemerintah desa meminta dukungan dan arahan dari pemerintah khususnya Wakil Bupati,” tambahnya.

Wabup Yana D Putra sangat apresiasi Pemerintah Desa Mekarsariana, “Antara obyek wisata dan Destinasi desa wisata berbeda, destinasi desa wisata harus ada partisipasi dari semua masyarakat, dan ada potensi lokal,” ungkapnya.

Menurutnya, pilihan destinasi merupakan pilihan tepat untuk pemulihan ekonomi masyarakat khususnya Desa Mekarsari, “Di Dinas parawisata juga ada program untuk pengembangan wisata berupa Bintek dan yang lainya,” ujar Yana.

Disebutkan, Destinasi wisata di Kabupaten Ciamis ada 30 tempat dan 14 tempat diantaranya mendapatkan anugrah penghargaan dari Kementerian, salah satunya Desa Mekarjadi.

“Mudah – mudahan dengan adanya destinasi wisata bisa memulihka perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90