Harlah Rapi Di Sumedang Dihadiri 26 Kota Dan Kabupaten, Ketua Rapinas : RAPI Harus Menjaga Sinergitas Dengan Pemerintah

Pewarta : Jeky

Kabupaten Sumedang – Hari lahir ( Harlah) Radio Antar Penduduk Indonesia ( Rapi) tinngkat Jawa Barat ke 40 dan Nasional ke 41 diperingati meriah bertempat di Bumi Perkemahan Gajah Depa, Desa Galudra, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat selama dua hari Sabtu dan Minggu, (18 – 19/12/2021).

Sebanyak 26 pengurus wilayah kota dan kabupaten seluruh Jawa Barat  hadir dalam acara yang digagas pengurus daerah Jabar ini, sementara Wiilayah Sukabumi tidak bisa hadir karena baru saja menyelenggarakan muswilub, hal itu dikatakan Ketua Rapi Nasional, H. Riza Fachrial, SE

“Sukabumi tidak bisa hadir dikarenakan baru saja menyelengrakan muswilub, Namun diluar itu sebanyak 26 pegurus wlayah kota dan kabupaten di Jawa Barat ini hadir. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan harlah ini “, ujar Riza saat diwawancara  koransinarpagijuara.com, dilokasi acara.

Selain itu, Riza juga menyarankan agar pengurus Rapi kedepan bisa lebih membangun sinergitas dengan seluruh stake holder yang ada diwilayah masing – masing.

“Seluruh Pengurus Rapi harus bisa membangun sinergitas dengan unsur stake holder yang ada di wilayahnya, agar keberadaan Rapi lebih bisa dirasakan  manfaatnya. Selain itu juga tingkatkan terus kinerja pengurus Rapi”, ucap Riza.

Sementara itu Ketua Pelaksana Harlah, Irwan Permana, BA yang juga Sekretaris Pengurus Wilayah Rapi Kabupaten Sumedang mengutarakan, untuk memeriahka acara ini  diisi berbagai kegiatan, diantaranya, pelatihan satgas terpadu, sapa Rapi terkait pemakaian aplikasi online Rapi, dan kegiatan Traning Of Trainer (TOT) atau pelatihan kepemimpinan.

“Juga selain itu ada kegiatan Baksos berupa pemberian 50 paket sembako untuk anak yatim piatu dan  orang jompo.”, tukas Iwan.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Sumedang, Asep Rahmat yang juga menjadi Sekretaris Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Kab. Sumedang mengapresiasi keberadaan Rapi, dia menyatakan 70% wilayah Kabupaten Sumedang terdiri dari bergunung – gunung hingga demikian wilayah Kabupaten Sumedang bisa dikatakan termasuk rawan longsor. Maka peran Rapi selama ini sangat membantu dan terus berpartisipasi dalam penanganan bencana.

Dikesempatan lain Ketua Rapida Jawa Barat,  Ir. Nur Yasser K, MM, menyatakan tekadnya untuk menjadikan Rapi Jawa Barat menjadi Rapida terdepan diantara daerah – daerah lain yang ada di Indonesia, apalagi katanya, Jabar ini mempunyai anggota terbanyak hingga dengan dukungan berbagai wilayah dia yakin hal itu bisa tercapai.

Hadir dalam acara harlah tokoh masyarakat Sumedang dan juga Ketua PMI Jawa Barat, Irjen. Pol (Purn) Drs Adang Rochyana, Kepala Desa Galudra, Sumsum, juga unsur TNI dan Polri.

Berikut daftar 26 wilayah Rapi yang hadir di harlah :
1. Rapi 09 Subang
2. Rapi 10 Kab. Karawang
3. Rapi 2 Kab. Bekasi
4. Rapi 28 KBB
5. Rapi 18 Kuningan
6. Rapi 16 Kab. Ciamis
7. Rapi 26 Kab. Cirebon
8. Rapi 15 Kota/ Kab. Tasikmalaya
9. Rapi 31 Kota Sukabumi
10. Rapi 27 Kab. Banjar
11. Rapi 11 kota Bekasi
12. Rapi 22 Kab. Bandung
13. Rapi 08 Kab. Purwakarta
14. Rapi 05 Kab. Bogor
15. Rapi 13 Kab. Sumedang
16. Rapi 23 Kota Cimahi
17. Rapi 12 Kota Bandung
18. Rapi 06 Kab. Sukabumi
19. Rapi 30 Kab. Pangandaran.
20. Rapi 20 Kab. Majalengka
21. Rapi 14 Kab. Garut
22. Rapi 19 Kab. Indramayu
23. Rapi 17 Kota Cirebon
24. Rapi 25 Kota Bogor
25. Rapi 07 Kab. Cianjur
26. Rapi 24 Kota Depok

Ketua Rapi Nasional, Riza Fachrial pun sebelumnya sempat menilai bila acara harlah ini sukses dan dia menghimbau agar seluruh anggota Rapi selalu kompak,

“Anggota Rapi harus  rukun di udara, akrab di darat dan iman di hati. Rapi harus aman damai. Rapi ada, Rapi bisa dan terpercaya”, pungkas nya.

Pos terkait