Seleksi Guru Berprestasi dan Kepala Sekolah Jenjang Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di Jeneponto

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Awing

Kabupaten Jeneponto – Kegiatan seleksi Guru Berprestasi (Gupres) jenjang SMP tingkat Kab.Jenepinto dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Jeneponto, Jalan Jalilsikki, Kelurahan Balanh, Kecamatan Binamu, Rabu (08/12/2021).

Ketua Panitia Gupres, Jalani,S.Pd mengatakan bahwa sejumlah pemateri yang memiliki pengalaman dan wawasan yang luas akan dihadirkan dalam kegiatan tersebut, diantaranya, Dr,Haihidir Baktiar,SPD.,M.Pd, H.Syarifuddin,S.Ps.,M.Pd, Pammusu S.Pd.,M.Pd, Lahasan Rewa,S.Pd, Risnawati,S.PD.,M.Pd dan Amrin,S.Pd.,M.Pd, agar dapat memberikan yang terbaik bagi para calon Guru Berprestasi.

“Seleksi Gupres ini dibagi dua kategori, yakni khusus kepala sekolah dan guru,” ungkapnya.

Sementara Kabid Ketenagakerjaan pada Disdikbud Jeneponto, Rachmad Sasmito menyampaikan, seleksi dilaksanakan dalam 3 tahapan, yakni, Pertama menjaring guru-guru yang akan persiapkan untuk lomba guru prestasi tingkat provensi bahkan sampai level nasional, Kedua, memberikan motivasi kepada guru bahwa pemerintah kabupaten jeneponto itu selalu memperhatikan dan evaluasi semua model pembelajaran yang dilaksanakan disuatu pendidikan dan Ketiga tujuan kegiatan ini adalah melihat sejauh mana kompotensi guru bisa dilaksanakan disuatu pendidikan, karena itu penting bagi Pemerintah Kabupaten Jeneponto, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Ujian Nasional sebagai syarat mutlak kelulusan siswa maka kita ukur sejauh mana guru mampu melakukan tugas pokoknya sebagai pendidik disekolah untuk menyelesaikan ketuntasan pembelajaran,” terangnya.

Dikatakan, dengan dilaksanakan kegiatan ini pemerintah menginginkan guru itu bermotivasi untuk melakukan pengembangan diri, “Sebagai catatan, tidak seperti sebelum-sebelumnya, tahun ini kita memberikan uang pembinaan bagi pemenang dengan total Rp.90 juta.

Disebutkan, tujuan memberikan hadiah berupa uang tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada para guru, “Ketika ikut lomba seperti ini mereka diberi penghargaan yang layak, bukan cuman Sertifikat atau piagam penghargaan,” tambahnya.

Diungkapkan, untuk jenjang TK/PAUD, dan SD sudah dilaksanakan tahun lalu, dan untuk tahun ini dilakukan untuk guru jenjang SMP dan kepala sekolah, “Tahun ini kita mengundang kepala sekolah untuk partisipasi dengan menyerahkan syarat-syaratnya ditambah dengan peserta dari guru-guru,” katanya.

Menurutnya, dengan peserta yang berasal dari para guru dan kepala sekolah, seharusnya jumlah peserta jauh lebih besar, tapi karena berbagai alasan, banyak guru maupun kepala sekolah tidak mengikuti kegiatan ini.

“Mungkin karena kesibukan, dan ketidaksiapan materi seleksi yang diluar kemampuannya, dimana dalam lomba kali ini mereka harus mampu mempresentasikan penelitian tindakan kelas yang telah mereka lakukan atau telah diujikan dan teliti disekolah masing-masing, penelitian tindakan kelas inilah menjadi deksprastik apakah ini berhasil disekolahnya yang bisa ditiru oleh sekolah lain atau memang ada pengayaan- pengayaan, penambahan-penambahan yang membuat penelitian tindakan kelas itu menjadi lebih baik kedepannya,” tuturnya.

Harapan kami kedepan lanjutnya, yang pertama untuk kepala sekolah mempersiapkan semua yang menjadi kompetensi diam, kompetensi sosial,dan kompetensi menejerial, mereka harus mempersiapkan dari jauh-jauh hari jangan nanti ketika pelaksanaan mutlas baru mereka bersusah payah atau melakukan pekerjaan lebih hanya untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam lomba ini jadi memang guru harus jauh-jauh hari mempersiapkan karna ada portofolio yang harus betul-betul original, baik ide-ide, redivikasi, dan penelitian itu yang diharapkan.

Karna originalitas itu polinya sangat tinggi memang bisa melakukan yang namanya seperti (ATM) Amati Tiru dan Modifikasi, tetapi ketika itu sangat original buatan sendiri atau hasil renovasi itu jauh lebih baik jadi memang guru harus kreativi dan Inovatif.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90