Dermaga PPNP Terendam Akibat Luapan Sungai Cipalabuhan

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Ayi Suherman

Kabupaten Sukabumi – Dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) terendam banjir akibat luapan aliran sungai Cipalabuhan, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi meluap.

Luapan sungai itu berawal ketika hujan terus menerus menimpa wilayah Palabuhanratu, sehingga aliran air hingga ke hilir mengalami peningkatan cukup tinggi.

“Tadi kejadiannya Jam 20.15 WIB, ini sudah biasa tiap tahun juga banjir,” Kata warga sekitar Ade Rijal (43) kepada koransinarpagijuara.com, Sabtu (27/11/2021).

Menurut ia, luapan air ini tidak hanya dampak buangan air dari hulu saja, namun aliran sungai Cipalabuhan sudah dipenuhi tanah beserta bebatuan karena sudah lama tidak adanya pengerukan oleh dinas terkait.

“Meluap air ini masuknya tahunan, akibat sungai tidak lama gak di keruk terjadi pendangkalan sungai, jadi tumpah ke dermaga,” terangnya.

Ade menerangkan, kondisi dermaga seperti ini memang sudah makanan setiap tahunnya di saat musim penghujan tiba. Seharusnya lanjut dia, sebelum musim penghujan diadakan pembersihan disepanjang bantaran sungai.

“Cuma air saja meluap, untuk perahu nelayan aman tidak ada kerusakan ataupun hanyut sepertinya,” tutur warga yang kesehariannya di dermaga.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90