Rakornas Media Massa Tahun 2021 di Cimahi, “Bersinergi Membangun Informasi”

Jurnalis media cetak dan online Koran Sinar Pagi Group dari berbagai daerah menghadiri undangan Rakornas Media Massa Tahun 2021 Bertema “Bersinergi Membangun Informasi”
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Cimahi)-, Jurnalis media cetak dan online Koran Sinar Pagi Group dari berbagai daerah menghadiri undangan Rakornas Media Massa Tahun 2021 Bertema  “Bersinergi Membangun Informasi”. Acara tersebut berlangsung sejak 26-27 November 2021 di Vila Neglasari, Kelurahan Cibabat Kota Cimahi.

Saat acara berlangsung Pimpinan Umum Koran SINAR PAGI, Usep Wawan S.Pd, M.M mengungkapkan pertemuan Rakornas saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena saat ini media Koran SINAR PAGI telah melahirkan Tabloid Jubir, Youtube Jubir TV,  media online Jurnalisbicara.com, mediasinarinfomasai.id, dan jaringan publikasi www.silatjabar.com. Semua itu menjadi bukti pekerkembangan media Koran SINAR PAGI di daerah, khususnya di Sukabumi, ungkapnya mengawali interaktif bersama wartawan yang hadir ke lokasi.

Selanjutnya Usep memaparkan sejarah Koran Sinar Pagi dan arah program kerja kedepannya. Kalau melihat sejarah semua perkembangan itu didorong wartawan Sinar Pagi yang sudah senior di biro daerah atau berperan di redaksi. Pertemuan seperti ini sangat penting dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya untuk menjadi ruang silahturahmi, diskusi dan aspirasi untuk kemajuan media massa yang dikelola bersama.

Pada kesempatan tersebut hadir Dewan Penasehat Koran SINAR PAGI, H. Sarpin S.E mengungkapkan melihat perkembangan media massa dari tahun ke tahun sangat erat dengan produktifitas dan kualitas wartawan yang mengisi media online dan media cetaknya. Sudah semestinya para wartawan harus mampu membuat karya jurnalistik yang akan menarik atau diminati para pembacanya. Berupaya profesional dalam setiap langkah kerjanya. Saat memfungsikan profesinya jangan sampai menyulitkan orang lain, tapi bagaimana caranya agar memudahkan orang lain, baik itu narasumber atau publik bacanya. Karena biasanya orang yang menyulitkan orang lain, akan merasakan kesulitan hidup pada dirinya. Dan tak lupa dalam setiap langkahnya berniat beramal untuk kehidupan Akhirat bukan hanya keuntungan duniawi saja, ungkapnya.

Sedangkan Wakil Pemimpin Redaksi Koran SINAR PAGI, Avenk atau Arif Wahyudin S.E pada rakornas tahun ini mengingatkan agar para wartawan mematuhi pedoman Undang Undang No.40 Tahun 1999 Tentang Pers dan pedoman publikasi media siber. Karena ada aturan yang berbeda antara publikasi di media cetak dengan media online.

Mencermati pengalaman yang dulu saat ada pengaduan dari Serikat Pekerja Nasional ke dewan pers, lalu ada mediasi khusus. Redaksi menyimpulkan jangan sampai ada berita kasus yang tidak memiliki data lengkap, lalu tidak berimbang dan kurang memenuhi syarat karya jurnalistik dari hasil liputan. Sehingga saat dipermasalahkan akan mempersulit redaksi atau wartawan nantinya.

Informasi yang dihimpun koransinarpagijuara.com dilokasi acara, hadir Plt Walikota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana yang menyempatkan membuka acara tersebut dan secara simbolis memberikan berbagai penghargaan kepada wartawan berprestasi dan mitra kerja media.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90