Bupati Sukabumi Paparkan Program Strategis Penguatan Posyandu Kepada Tim Klarifikasi Jabar

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Arief

Kabupaten Sukabumi – Bupati Sukabumi, H.Marwan Hamami menerima Tim Klarifikasi Lomba Posyandu tingkat Jawa Barat tahun 2021 di Pendopo Sukabumi, Kamis, (25/11/2021).

Bupati mengatakan Kedatangan Tim Klarifikasi Lomba Posyandu dan Posyandu Award Tingkat Provinsi Jawa Barat dapat memotivasi kinerja Pokjanal Posyandu di Kabupaten Sukabumi.

Menurutnya, Pemkab.Sukabumi terus mendukung Posyandu termasuk menetapkan regulasi dan fasilitasi pengembangannya.

“Berkenaan dengan revitalisasi Posyandu, Pemkab.Sukabumi telah menetapkan regulasi daerah berupa Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati, revitalisasi itu menjadikan Posyandu di Kabupaten Sukabumi terus berkembang, terbukti tahun 2021 terdapat 3.514 Posyandu dengan strata; Pratama 0, Madya 346, Purnama 1.062 dan Mandiri 2.106,” jelasnya.

Dikatakan, pengembangan Posyandu dilaksanakan secara Penthahelix melalui sinergritas program/kegiatan lintas Perangkat Daerah, Instansi Vertikal dan Institusi lainnya.

“Selain meningkatkan kemampuan dan pengetahuan Pokja Posyandu Desa dan Kader Posyandu, kami juga terus berupaya meningkatan peranserta masyarakat untuk membangun kebersamaan, kepedulian serta semangat gotong – royong, hal itu untuk memenuhi layanan dasar di bidang kesehatan, pendidikan dan aktivitas sosial lainnya,” ungkap Bupati.

Beberapa Capaian juga di paparkan olh Bupati Sukabumi diantaranya capaian 100% ODF, Pelaksanaan Konvegerensi Penurunan Stunting di Desa/Kelurahan, Pelatihan Tracing Covid-19 bagi TP PKK, Kader Posyandu dan Karang Taruna melalui Dinas Kesehatan.

Tak hanya itu, disampaikan pula, pembentukan Pemodelan Posyandu Remaja dengan Usaid Madani, kerjasama alat timbangan digital dengan Universitas Nusa Putra.Publikasi kegiatan Posyandu melalui Dinas Kominfo dan Persandian serta media lokal.

Sebelumnya, Lisa Aprianti dari DPMD Jawa Barat menerangkan bahwa Kedatangan Tim ke Kab Sukabumi untuk melakukan klarifikasi lapangan ke Posyandu yang mengikuti lomba Posyandu tingkat Jawa Barat.

“Sesuai hasil seleksi administrasi, rencananya 6 posyandu dari kabupaten yang sudah menjadi nominasi ini kita berikan award bersama 6 Kota di Jawa Barat lainnya Rencananya Award akan diberikan oleh gubenur Jawa barat pada tanggal 22 Desember 2021,” terangnya.

Lisa menjelaskan bahwa, juara pertama posyandu akan mewakili Jawa Barat untuk seleksi nasional.

“Semoga lomba posyandu ini menjadi penyemangat bagi seluruh pokjanal posyandu di tingkat kabupaten sampai tingkat desa, dan semangat juga buat ibu – ibu kader untuk terus melayani masyarakat melalui peningkatan kwalitas posyandu,” harapnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60