Jalan Penghubung Desa Babatan – Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Laut Tertutup Material Longsoran

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Iwan Brata

Kabupaten Muara Enim – Akibat diguyur hujan desa hampir seharian, longsor terjadi lagi diruas jalan penghubung antara Desa Babatan dengan Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Kabupaten Muara Enim.

Akibatnya transportasi darat lumpuh untuk sementara karena tertimbun material longsoran, Jum’at (19/11/2021).

Dari kejadian tersebut Camat SDL, Edi Suprianto.SP.,M.Si dengan sigap mengambil langkah dengan melaporkan kejadian tersebut Kepada Bupati Muara Enim dan Kepala BPBD Muara Enim dan langsung berkordinasi dengan pihak Perusahan PGE Lumut Balai.

Menurut Edi, dua minggu yang lalu sudah terjadi longsor di 4 (empat) titik dan yang sekarang 11 titik, “Kedepannya Kecamatan SDL bersama unsur Tripika dan Pemerintah Desa Babatan dan Penindaian akan mengidentifikasi pemilik lahan sekitar dan melakukan sosialisasi sebagai upaya untuk melakukan penghijauan pada lahan tersebut sebagai antisipasi penahan tanah untuk mencegah terjadinya longsor,” katanya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kab.Muara Enim, Rozak mengatakan, pihaknya telah berkordinasi dengan Camat SDL dan segera meminta bantuan kepada perusahan terdekat Yaitu PGE Lumut Balai untuk membersihkan matrial longsoran yang menutup jalan.

“Meskipun jalan tersebut tertutup matrial longsor masyarakat masih bisa melewati jalan alternatif yakni melewati ruas jalur Simpang Imam,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati melintas jalan tersebut, karena kondisi kurang baik akibat curah hujan yang tidak menentu saat ini.

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60