Sebanyak 24 Poktan Di 16 Kecamatan Kabupaten Sumedang Terima Bantuan Alsintan

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Jeky

Kabupaten Sumedang – Sebanyak 24 Kelompok Tani di 16 kecamatan di Kabupaten Sumedang mendapakan bantuan aspirasi berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan) dari Anggota Komisi IV DPR RI H. Sutrisno.

Bantuan berupa traktor roda dua tersebut diserahkan langsung oleh H. Sutrisno kepada Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dan kemudian diserahkan kembali kepada perwakilan Kelompok Tani di Halaman Gedung Negara, Selasa (16/11/21).

Menurut Bupati Sumedang, H.Dony Ahmad Munir, bantuan Alsintan yang diberikan kepada petani Sumedang dinilai sudah sangat tepat karena Sumedang merupakan daerah agraris dan sektor pertanian merupakan sektor unggulan.

“Kontributor terbesar bagi PDRB di Sumedang itu berasal dari sektor pertanian sebagai sektor unggulan yang telah menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Harus dibantu dan diperhatikan dengan berbagai program prioritas,” kata Bupati.

Dikatakan, ironisnya  sepuluh persen kantung-kantung kemiskinan berasal dari masyarakat di sekitar hutan dan desa-desa yang bermata pencaharian sebagai buruh tani.

“Buruh tani ini tidak mempunyai lahan ataupun modal untuk bertani. Sehari-hari hanya membantu pekerjaan yang punya lahan dan upahnya tidak sesuai UMK/UMR,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, pihaknya sedang mengusahakan pemberdayaan kaum buruh tani dengan memberikan bantuan modal usaha.

“Yang sedang diperjuangkan ialah terus berupaya agar ada pemberdayaan buruh tani dengan diberikan bantuan tanah pinjaman dari Perhutani atau tanah kas desa. Atau kita beri modal dan alat pertaniannya sehingga para petani akan semakin sejahtera,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI H. Sutrisno mengatakan, bantuan yang diberikannya merupakan jawaban atas aspirasi dari masyarakat yang disampaikan kepadanya sebagai wakil rakyat.

“Tugas anggota DPR RI dalam amanat nomor 17 tahun 2014 salah satunya menyerap aspirasi, menghimpun, dan menampung serta memperjuangkannya, termasuk masalah keluhan masyarakat yang menjadi bidang tugas Komisi IV,” kata Sutrisno.

Selain menyerap aspirasi, kata Sutrisno, tugas komisi IV berikutnya adalah memperjuangkan pembangunan daerah yang menjadi Dapilnya yang meliputi Subang, Majalengka dan Sumedang.

“Di luar aspirasi, kalau memang daerah masih perlu menyampaikan sesuatu kepada pemerintah pusat, saya akan rekomendasikan supaya mendapat prioritas di sana,” ujarnya.

Lebih lanjut Sutrisno mengatakan,  apa yang dilakukannya diharapkan dapat membantu Pemda Sumedang dalam pembangunan sektor pertanian, khususnya meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Saya berharap bantuan ini bisa mengungkit kesejahteraan para petani. Jangan sampai (penerima) bantuan ini dimintai uang. Saya ingin masyarakat yang diberi bantuan semuanya senang” katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Forkopimda dan anggota DPRD Kabupaten Sumedang, Kadis Peternakan dan Perikanan Nandang Suparman dan Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Rudi Suprayogi.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90