Gubernur Sumsel, Buka Pekan Daerah KTNA XIV di Kab.Muara Enim

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Iwan Brata

Kabupaten Muara Enim – Gubernur Sumatera Selatan, H.Herman Deru membuka secara resmi pelaksanaan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XlV Tingkat Propinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Muara Enim, Senin (15/11/2021).

Kegiatan tersebut dipusatkan di Lapangan Batu Tiking Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende Darat Laut dengan diikuti oleh sekitar 945 orang peserta dari 17 Kabupaten/Kota.

Tampak ratusan orang dari berbagai unsur masyarakat Kabupten Muara Enim dan sekitarnya, antusias untuk ikut menyaksikan pembukaan PEDA KTNA di daerahnya.

Selain Gubernur Sumatera Selatan, H.Herman Deru hadir juga Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Ketua KTNA Nasional, Pj.Bupati Muara Enim, H.Nasrun Umar, Ketua TP PKK beberapa Bupati se Sumatera Selatan, Forkopimda, Ketua KTNA Provinsi Sumatera Selatan, KTNA Kabupaten/Kota, Pejabat Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan, para Camat se Kabupten Muara Enim dan Kepala Desa serta Gapoktan, Pokmas, dan tokoh masyarakat di Muara Enim.

Pembukaan PEDA KTNA Ke-14 ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru.

Ketua KTNA Sumsel, HM.Bhasyira,DA melaporkan, PEDA yang diikuti oleh 17 Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan tersebut, akan siisi dengan berbagai kegiatan antara lain, pemberian penghargaan kepada petani, masyarakat maupun pejabat yang berjasa dan berprestasi di bidang pembangunan pertanian.

Selain itu, ada pila Temu Wicara, Sarasehan, Pameran dan Promosi, Lomba Cerdas Cermat, Widyawisata, Karya Wirausaha Petani dan Nelayan, serta kegiatan Olahraga dan Keakraban.

Para pemenang lomba pada PEDA ini menurut Ketua KTNA Sumatera Selatan, akan dipersiapkan untuk mewakili Sumsel pada KTNA tingkat Nasional mendatang.

Sementara itu, Pj.Bupati Muara Enim, H.Nasrun Umar,SH.,MM mengatakan, Kabupaten Muara Enim selaku tuan rumah telah berupaya seoptimal mungkin untuk mensukseskan Pekan Daerah KTNA ke-14 Sumatera Selatan.

Terkait potensi sumberdaya alam yang dimiliki daerahnya, Bupati menyampaikan bahwa, Kabupaten Muara Enim dapat menjadi salah satu daerah agribisnis potensial di sumatera selatan mengingat sebagian besar masyarakatnya berusaha pada sektor pertanian.

“Pemerintah Kabupaten Muara Enim berkomitmen, akan terus meningkatkan pembangunan pertanian tanaman pangan, kehutanan, peternakan dan perikanan untuk mewujudkan kesejahteraan petani-nelayan dan masyarakat, serta tentunya dengan terus menjalin kerjasama, koordinasi, dan sinergi yang baik dengan program Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Pusat, berkenaan dengan beberapa permasalahan yang ada,” tuturnya.

Pj.Bupati Muara Enim berharap agar Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan maupun Pemerintah Pusat dapat terus memberikan perhatian dan dukungannya kepada Kabupaten Muara Enim.

“Demikian pula kepada KTNA Nasional, Propinsi dan KTNA daerah, agar ke depan peran KTNA dapat terus ditingkatkan, baik sebagai mitra dalam mendukung kesuksesan program pemerintah, maupun sebagai penyuluh dan pembina petani-nelayan,” tambahnya.

Ketua KTNA Nasional, berharap peserta PEDA dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan berbagi pengalaman sesama peserta, untuk menambah semangat baru yang lebih maju dan mandiri. Sehingga diharapkan nantinya sumatera selatan juga dapat meraih prestasi terbaik pada KTNA tahun depan.

Pada pembukaan PEDA tersebut, juga diserahkan sejumlah penghargaan kepada pegawai penyuluh teladan dan masyarakat petani-nelayan yang dinilai berjasa dan berprestasi dalam pembangunan pertanian, kehutanan, perikanan dan kehutanan di wilayah Propinsi sumatera selatan

Gubernur Sumatera selatan H.Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada PJ.Bupati Muara Enim yang daerahnya menjadi tuan rumah PEDA KTNA Sumatera selatan.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, peran penyuluh dan perjuangan petani nelayan sangat penting dalam menurunkan angka kemiskinan di sumatera selatan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90