Kab.Muara Enim Tuan Rumah Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIV Tahun 2021

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Iwan Brata

Kabupaten Muara Enim – Untuk menyambut 945 orang perserta Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIV Tahun 2021 yang berasal dari 17 kontingen Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumsel, Pemkab Muara Enim siapkan sebanyak 152 home stay. Kegiatan Peda KTNA tersebut berlangsung dari tanggal 15-17 November di Kecamatan Semende Raya, Kabupaten Muara Enim.

“Nanti, masing-masing peserta akan ada pendampingnya (LO) menunjukkan tempatnya home staynya,” kata Pj Sekda Muara Enim Drs H Emran Thabrani yang mendapingi Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar dalam rapat  finalisasi terkait pelaksanaan Peda KTNA XIV di ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim,

Menurut Emran, nanti secara teknis, para peserta yang akan datang ke lokasi Peda tersebut harus membawa hasil rapid test masing-masing daerah, namun jika yang tidak akan disiapkan dua pos chek point rapid test yakni GOR Mini Desa Penyandingan Kecamatan SDL, dan kalangan Desa Sugihwaras Samping Pustu, Desa Sugihwaras Kecamatam Panang Enim.

Dilokasi tersebut, akan ada pendamping masing-masing kontingen yang akan mengantarkan kontingen ke tempat home stay mereka masing-masing.

Masih dikatakan Emran, bahwa tempat home stay yang telah disiapkan sebanyak 152 rumah dengan rincian 84 rumah di Desa Pulau Panggung dan 68 rumah di Desa Muara Dua untuk menampung 945 peserta yang terdiri dari 732 peserta utama dan 213 peserta pedamping.

Adapun untuk menu sarapannya akan di seragamkan yang akan di awasi oleh Dinkes Muara Enim sehingga higienis dan bergizi.

“Kegiatan Peda ini sudah lama tertunda akibat pandemi Covid-19. Dan dengan pengawasan ketat serta penggunaan Prokes ketat mudah-mudahan berjalan sukses sesuai rencana,” harapnya.

Sementara itu HNU mengatakan bahwa pelaksanaan Peda KTNA ke-14 ini merupakan suatu kebanggaan khususnya bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim.

Dirinya akan pastikan kesiapan mulai dari kehadiran dari setiap kontingen, lokasi acara, hingga penutupan akan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Untuk itu, Pemkab Muara Enim siap menyambut kehadiran para kontingen dari 17 kabupaten/kota yang nantinya akan turut berpartisipasi dalam pelaksanaan Peda KTNA ke-14 tersebut. 

Lebih lanjut dirinya juga mengingatkan kepada OPD terkait untuk selalu berperan aktif dan bertanggung jawab akan tugas yang telah diberikan berdasarkan surat tugas pelaksanaan Peda KTNA, menurutnya hal ini merupakan laporan dari hasil pelaksanaan

Peda KTNA yang nantinya sebagai bahan evaluasi dampak dan kemajuan yang dicapai dalam pengembangan agribisnis di Kabupaten Muara Enim.

Sebab tujuan besar Peda KTNA tersebut yaitu mampu meningkatkan kesejahteraan bagi anggota kelompok tani dan individu tani, peternak dan nelayan sehingga diharapkan mampu menghasilkan komoditas pertanian dan perikanan yang berkualitas.

Selain itu juga, dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan potensi lokal yang ada, sehingga dapat mencapai tujuan pembangunan yang sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Muara Enim hususnya dalam pengembangan wisata berbasis potensi lokal.

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60