Tiga Unit Damkar Diturunkan Atasi Kebakaran di Rumah Makan Asep Stroberi

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Agus Lukman

Kabupaten Garut – Tiga Unit pemadam Kebakaran diturunkan Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut, menyusul kebakaran hebat di Rumaha Makan Asep Stroberi, di Jalan Raya Kadungora No. 245 Kecamatan Kadungora Garut, Rabu malam (10/11/2021).

Menurut Komandan Pos Leles, Budi Supriadi, objek terbakar adalah salah satu bangunan dapur Rumah Makan Asep Stroberi yang konstruksinya dibuat semi permanen. Laporan ini duterima Pos Sektor Leles dikarenakan jaraknya yang lebih mendekati Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Petugas dari Pos Leles meluncur dengan satu unit kendaraan pancar. Pihaknya menerima informasi lanjutan menyusul situasi kebakaran cukup besar, sehingga dua unit lainnya diturunkan dari Mako Disdamkar.

Saat tiba di TKP, petugas langsung berusaha memadamkan api agar tidak merambat ke bangunan di sekitarnya. “Berselang sekitar 1 jam kemudian, api akhirnya bisa dipadamkan dan mencegah adanya kerugian yang lebih besar,” tutur Budi Supriadi di TKP.

Dugaan sementara penyebab kebakaran berasal dari kebocoran tabung gas ukuran 5 Kg. Kerugian dari kejadian ini ditaksir mencapai 50 juta rupiah.

Budi Supriadi mengungkapkan, dapur memang menjadi salah satu tempat yang rawan terjadinya kebakaran, pemicunya adalah aktivitas memasak dengan penggunaan api dari kompor yang digunakan.

“Dari banyaknya kejadian kebakaran, dapur menjadi salah satu tempat yang rawan terjadinya kebakaran,” jelas Budi.

Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan, Syam Sumaryana yang juga berada di TKP turut menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa memperhatikan kondisi peralatan memasak, termasuk tabung gas, regulator dan kompor.

“Perawatan kompor, tabung gas dan regulator harus diperhatikan dengan baik guna mencegah terjadinya faktor terjadinya kebakaran yang berasal dari kebocoran tabung gas,” ungkap Syam

Ia menghimbau untuk selalu memperhatikan dan waspada ketika melakukan aktivitas memasak.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90