Jejak Kinerja Ketua Divisi Vaksinasi Jabar, H. Dedi Supendi M.Si Vaksinasi 31 Juta Warga

banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Capaian vaksinasi di Jawa Barat (Jabar) sudah mencapai 31 juta lebih. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar) selaku Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Jabar, H. Dedi Supandi M.Si.

“Sejak ditunjuk oleh Gubernur dan mulai fokus bekerja pada awal bulan Agustus sampai bulan Oktober yang lalu, hasil evaluasi vaksinasi sudah tercapai di 31 juta lebih. Jadi, kita hitung secara total vaksin di Jabar sudah mencapai 44% dari total target 75 juta vaksinasi dosis kedua,” ungkapnya saat interaktif melalui jaringan komunikasi pribadinya dengan jurnalis koran Sinar Pagi.

Angka tersebut, selaras dengan tingginya tingkat kesadaran diri masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. “Kalau awalnya hanya 50 atau 60 ribu sehari, saat ini angka vaksinasi harian rata-rata mencapai 467 ribu per hari. Ini hasil berkat kerja keras semua,” tuturnya.

Dari capain-capaian, sebelumnya hasil kerjasama sejumlah pihak progres vaksin Covid-19 harian Jawa Barat sering menempati urutan pertama nasional program vaksinasi. Penilaian itu berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan dari hasil kinerjanya sempat memperoleh rekor muri katagori vaksinasi terbanyak.

Dari total ketersedian rata-rata 15 juta dosis vaksin setiap bulannya dari pemberian pemerintah pusat. Semua ketersedian vaksin yang ada dengan segera disebar ke lokasi vaksinasi di pelosok desa, komunitas, perusahaan, pesantren, sekolah, masjid dan vasilitas umum lainnya yang siap menjadi pelaksana vaksinasi di wilayahnya.

Khusus program vaksinasi di desa, kami dibantu wakil ketua divisi vaksinasi Jabar dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Jabar. Intinya berbagai program terus dilakukan Pemda Pemda Provinsi untuk mempercepat vaksinasi dan membentuk kekebalan komunal disertai disiplin protokol kesehatan dan pola hidup sehat atau bersih. Agar terhindar dari virus covid19, pemerintah provinsi mentargetkan sebanyak 37 juta warga Jawa Barat harus sudah divaksin hingga akhir Desember 2021.

Untuk capaian tersebut Pemda Provinsi Jawa Barat dengan sejumlah instansi terkait termasuk kalangan pengusaha, berkolaborasi turun tangan bela negara membantu vaksinasi dengan target 500 ribu orang per hari. Tidak hanya di kota-kota besar, percepatan vaksinasi serta herd immunity juga dilakukan di desa wilayah Jabar yang jumlahnya mencapai 5.312 desa.

Sedangkan untuk vaksinasi pelajar, kita mengarahkan siswa membawa orang tua dan keluarganya untuk vaksinasi di sekolah. Program ini digulirkan serentak di 13 kantor Cabang Dinas Pendidikan se Jabar, hasilnya sangat memuaskan.

Selain itu H. Dedi Supandi, S.STP., M.Si untuk memaksimalkan perannya sebagai Ketua Tim Divisi Percepatan vaksinasi Jawa Barat memanfaatkan ruang radio dan media masa untuk sosialisasi gebyar vaksinasi dan mengarahkan pemerintah daerah kabupaten atau kota untuk terus berakselerasi vaksinasi. Bersama tim tenaga medisnya untuk melaksanakan vaksinasi dan mengajukan jumlah vaksin yang dibutuhkan, sebagai bahan pengajuan vaksin ke pemerintah pusat. Intinya target sangat tergantung dari kesiapan daerah kabupaten / Kota di Jabar. Apalagi daerah yang jumlah penduduknya banyak, seperti Kabupaten Bogor yang hampir pupulasi penduduknya 6 juta jiwa.

Selanjutnya H. Dedi Supandi, S.STP., M.Si juga memaparkan program kerjanya, sekarang-sekarang sudah berjalan rutin fasilitas umum dan sosial dijadikan lokasi untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan vaksinasi. Misalnya tempat wisata, panti sosial disabilitas, pesantren, masjid itu harus berfungsi lebih menjadi solusi saat pandemi dengan ikut serta penanganan pencegahan virus covid19. Jadi masjid sudah semestinya menjalankan fungsi sosianya berupaya berperan dalam program vaksinasi. Begitu juga fasilitas umum lainnya harus jadi tempat yang mendekatkan warga agar mudah ke lokasi vaksinasi.

Selain itu juga peran komunitas, organisasi masyarakat dan relawan supaya sinergis berinovasi dan kolaborasi menyelenggarakan vaksinasi. Sehingga ketika semua sudah terintergrasi antara jumlah peserta vaksin, vaksinator dan lokasi semuanya diprediksi akan sesuai target atau harapkan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90