Kades Ditahan Di Polres Garut, Pelayanan Masyarakat Terhambat

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Heru

Kabupaten Garut – Setelah Kades Ngamplang, Kecamatan Cilawu, Kab.Garut, Endang mengundurkan diri, pada 5 Agustus 2021 lalu, karena desakan masyarakat akibat diduga telah melakukan penyalagunaan Dana Desa dan kini mendekam diruang tahanan Polres Garut, terjadi kekosongan jabatan Kepala Desa Ngamplang yang berdampak terhambatnya pelayanan kepada masyarakat .

Hal tersebut dibenarkan oleh Dedi Komara, Sekdes Ngamplang, menurutnya sudah hampir 3 bulan desa ngamplang tidak ada kepala desa ataupun penjabat sementara, padahal lanjutnya, pihak BPD telah mengajukan adanya Pjs.kepala desa ke DPMD Garut, namun ternyata harus mengajukan ulang lagi setelah.

Ditegaskan Dedi, pelayanan di desa bukan hanya pelayanan secara admintras, namun warga banyak membutuhkan untuk pelayanan pembuatan akte jual beli dan bantuan keuangan pemerintah

“Kami berkoordinasi dengan DPMD Garut, akibat dari kekosongan tersebut semua jadi terhambat semisal pencairan Dana Desa tahap dua, ADD, Siltap dan bantuan keuangan dari Pvovinsi Jawa Barat,” ucapnya.

Selain itu, pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan kebijakan atau keputusan kepala desa pun terhambat. “Kami berharap kekosongan ini untuk segera mungkin segera terisi karena benar benar sangat menghambat pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Dedi.

Terkait hal ini, Rena, Sekretaris DPMD Kabupaten Garut mengatakan, untuk pelayanan terhadap warga bisa dilakukan oleh perangkat desa, namun untuk pencairan bantuan pemerintah harus menunggu adanya Pjs.kepala desa, tandasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60