Bupati Sukabumi, Marwan Hamami Sambut Baik Aplikasi Jekdes Sebagai Implementasi Ekonomi Kreatif

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Arief

Kabupaten Sukabumi – Dalam masa pandemi Covid-19, Indonesia di hadapkan dengan masalah pada aspek ekonomi yang tumbuh negatif, dimana angka pengangguran dan kemiskinan meningkat secara signifikan, akibatnya daya beli masyarakatpun menurun.

Untuk membantu masyarakatnya, pemerintah kemudian mengalokasi sejumlah anggaran untuk mendorong kemampuan daya beli masyarakat yang disalurkan melalui berbagai program bantuan untuk masyarakat, seperti Bantuan Langsung Tunai, Kartu Pra Kerja dan batuan – bantuan lainnya.

Tidak hanya kepada perorangan, pemerintah juga terus berusaha menggerakkan kembali dunia usaha melalui pemberian insentif/stimulus kepada UMKM dan korporasi.

Berkaitan dengan upaya percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat ini, Bupati Sukabumi, H.Marwan Hamami menegaskan, berbagai terobosan untuk menopang pertumbuhan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19 perlu dilakukan.

Menurutnya diera digitalisasi ini masyarakat harus siap mengikuti perkembangan zaman, “Untuk mengantisipasi perkembangan zaman, perlu adanya terobosan – terobosan yang harus dipersiapkan, sebagai bagian dari upaya membantu percepatan pemulihan ekonomi masyarakat,” ucap Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami saat ditemui usai menerima Audiensi Pimpinan Bank BJB Cabang Palabuhanratu, terkait Akselerasi Sektor Ekonomi dan Keuangan Daerah Melalui Digitalisasi di Bidang Ekonomi Kreatif di Pendopo Palabuhanratu. Jumat (5/11/2021) lalu.

Untuk itu, Marwan sangat mendukung peluncuran program “Jekdes” (Ojek Desa) sekaligus mendorong pengembangan Jekdes di Kabupaten Sukabumi. “Tentu peran-peran pemerintah bisa membantu, nanti tinggal koordinasi dengan perangkat daerah terkait,” ujarnya.

Bupati berharap “Jekdes” akan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya di desa pasca Pandemi covid 19, “Ini akan menjadi salah satu pendorong ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat desa pasca pandemi covid 19,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Jekdes merupakan aplikasi berbasis android yang diluncurkan sejak Maret 2020 yang melayani transportasi, logistik, jasa antar makanan dan keperluan harian lainnya.

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 6.600 pengguna telah bergabung dengan Jekdes, dan ada 330 merchant dengan 112 Driver Ojek Padesaan. Saat ini Jekdes telah beroperasi di 3 Kecamatan di daerah Sukabumi Selatan, terutama di daerah Jampang-Surade.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90