Kepala BBWS Temui Bupati Sumedang Bahas Jalan Lingkar Utara Dan Bendungan Cipanas

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Jeky

Kabupaten Sumedang – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir didampingi Sekretaris Dinas PUPR Sony Nurgahara jajaran Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung di Gedung Negara, Kamis, (4/11/21).

Kepala BBWS Cimanuk-Cisanggarung Ismail Widadi mengatakan, pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut komunikasi dan koordinasi sebelumnya antara lain membahas pembangunan Jalan Lingkar Utara, terutama kesiapan lahannya.

Dalam audiensi tersebut dibahas pula proyek strategis nasional Bendungan Cipanas dimana ada pergerakan armada kendaraan masif namun semuanya terukur dan sesuai prosedur perizinan dari Dinas Perhubungan dan Dinas Lingkungan Hidup.

“Dari 340 armada, kami labeli BBWS dan kami monitor hariannya. Terhadap lalu lintas harian, volume kendaraannya 26 persen dari kendaraan yang melintas di jalan tersebut. Namun demikian, kami akan berusaha tanggung jawab secara proposional terhadap efek daripada masifnya armada ,” ujarnya.

Kemudian mengenai kesiapan menghadapi bencana, lanjut Ismail, secara institusi BBWS di seluruh wilayah sudah melakukannya pada bulan Agustus 2021.

Untuk Kabupaten Sumedang sendiri, pihak BBWS belum lama ini melakukan Apel Siaga dengan melibatkan Dinas PUPR, BPBD maupun para Kepala Desa setempat.

“Ada sembilan titik lahan kritis. Empat sudah kami atasi dan lima diantaranya belum ditangani. Mohon disosialisasikan kepala desa agar waspada. Kami akan berusaha mengejar yang lima titik ini. Jadi kami tindaklanjuti dengan apel siaga” tuturnya.

Poin terakhir yang disampaikan BBWS yaitu mengenai sampah di genangan Waduk Jatigede yang menjadi permasalahan yang luar biasa sehingga diperlukan upaya yang terstruktur.

“Kami akan alokasikan alat berat khusus untuk waduk. Kami tentunya membutuhkan dukungan masyarakat dan pemerintah secara terstruktur masalah sampah itu harus dibawa kemana,” kata Ismail.

Sementara itu, Bupati Sumedang, H.Dony Ahmad Munir dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada BBWS Cimanuk Cisanggarung yang telah merespon berbagai usulan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

“Terima kasih atas responnya siap menanggapi apa yang menjadi usulan Sumedang. Saya sangat bahagia Kepala BBWS sangat responsif dan sekarang difollow up dengan datang ke Gedung Negara,” tuturnya.

Ia pun meyakini, dengan koordinasi dan kerja sama yang baik, apapun masalah yang dihadapi bisa dipecahkan bersama.

“Apapun yang diinginkan bisa diwujudkan dengan kerja sama. Mudah-mudahan kerja samanya semakin meningkat lagi,” ungkap Bupati.

Bupati mengatakan, jaring apung dan sampah di Waduk Jatigede merupakan masalah krusial yang harus dihadapi bersama.

“Paling krusial di Jatigede itu masalah jaring apung dan sampah. Luar biasa memang dinamikanya, tetapi kalau kita kompak kita bisa menghadapinya bersama,” ucapnya.

Ia menambahkan, agar diperoleh manfaat yang optimal, perlu pemeliharaan supaya bendungan Jatigede tetap lestari dan sesuai fungsinya.

Dikatakan, Sumedang menjadi daerah dengan berapa proyek strategis nasional dan ia tidak mengharapkan proyek strategis nasional tersebut membuat kemiskinan baru.

“Diperlukan strategi penanggulangan kemiskinan di sekitar proyek strategis nasional. Selain itu beberapa tempat wisata di proyek strategis nasional perlu diperhatikan 3 A-nya, aksesibilitas, amenitas dan atraksinya,” katanya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90