Gamelan Sari Oneng Parakan Salak ‘Penghuni’ Musium Prabu Geusan Ulun Sumedang Diambil Ahli Waris

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Jeky

Kabupaten Sumedang – Dalam peristiwa ini, Kasi Humas Polres Sumedang, AKP Dedi Jumhana, menegaskan bahwa hari Minggu (7/11/21) pukul 07.30 Wib bertempat di Gedung Gamelan Musium Prabu Geusan Ulun Sumedang Jln. Prabu Geusan Ulun No.36 Kel. Regol Wetan Kec.Sumedang Selatan Kab. Sumedang, telah terjadi adanya pengambilan satu set alat musik jenis Gamelan Parakan Salak Sari Oneng oleh Sdr. Made selaku ahliwaris dari Dalem R.A.A. Surya Danu Ningrat (Bupati Sukabumi pada Jaman Belanda), pengambilan itu didampingi Ketua Yayasan Pangeran Sumedang ( YPS ) Muhammad Alex dan Rahmat selaku anggota YPS.

Saat peristiwa itu, sudah dihimbau oleh Sdri. Frety selaku Ketua Paguyuban Seni dan Budaya agar pihak ahliwaris membuat surat secara resmi kepada pihak musium dengan maksud tertib administrasi. Namun himbauan tersebut tidak dihiraukan, dari keterangan pengambilan satu set Gamelan tersebut selain  melibatkan ahliwaris serta Ketua YPS juga dibantu oleh masyarakat adat Guriang Tujuh dengan menggunakan 3 (Tiga) unit KR 6 Jenis Truk Engkel.

Sementara itu dari keterangan Press Release Humas  Polres Sumedang, dikatakan, pihak Keraton Sumedang Larang  yang disampaikan Lucky, mengatakam asal – usul gamelan itu berawal dari milik Keluarga Hoel seorang Belanda yang merupakan Residen Kewilayahan Sukabumi. Namun setelah Belanda pergi dari Indonesia karena Jepang datang dan menjajah Indonesia, berikutmya gamelan itu diserahkan kepada Dalem R.A.A. Surya Danu Nungrat (Bupati Sukabumi pada saat itu),

“Pada tahun 1975 oleh ahliwaris Dalem R.A.A. Surya Danu Ningrat Gamelan tersebut dititipkan di Musiun Prabu Geusan Ulun Sumedang”, ungkap Lucky.

Hingga saat ini, akunya, pihak YNWPS  tidak mengetahui dibawa kemana seperangkat alat musik tersebut.

Namun kata dia, permasalahan pengambilan  alat musik itu merupakan permasalahan internal keluarga antara YNWPS dengan YPS yang melibatkan ahliwaris dari Dalem R.A.A. Surya Danu Ningrat. Namun pengambilan itu dilakukan tidak adanya surat secara resmi kepada pihak YNWPS selaku pengelola Wakaf Pangeran Sumedang.

Dari penjelasan Lucky, dikatakan bila  Gamelan Sari Oneng Parakan Salak itu merupakan  Cagar Budaya / Warisan Budaya dan sebagai Icon Musium Prabu Geusan Ulun Sumedang, sehingga keberadaannya dilindungi oleh Undang – Undang.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90