Bupati Sumedang Laksanakan Evaluasi Pencapaian Kinerja  Di Dua Dinas

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Jeky

Kabupaten Sumedang – Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir didampingi Sekretaris Bappppeda Sajidin melaksanakan evaluasi pencapaian target kinerja di dua dinas yakni Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan di Ruang Rapat Tadjimalela Bappppeda, Kamis (4/11/21).

Bupati mengatakan, dialog kinerja bertujuan memastikan seluruh program di masing-masing perangkat daerah berjalan sesuai dengan koridor.

“Saya ingin meng-explore kemampuan para kepala dinas untuk melakukan upaya-upaya inovasi dan kolaborasi di tengah-tengah keterbatasan anggaran, tapi target kinerja masih tetap tercapai, bahkan terlampaui,” ungkapnya.

Selain itu, menurutnya dialog juga berguna untuk melihat performa masing-masing kepala perangkat daerah dalam mengatasi setiap permasalahan dan mengarahkan anggotanya untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU).

“Dialog hari ini berkaitan dengan pelayanan dasar, khususnya di Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. Kadis hadir langsung dan tidak boleh ada yang mendampingi. Saya ingin kupas lebih jauh pemahaman para Kadis dalam mengelola dinasnya untuk mencapai IKU,” kata Bupati.

Dikatakan Bupati, yang dievaluasi adalah kinerja mulai dari 2020 sampai dengan 2021 serta sejauh mana akselerasi yang dilakukan dalam mengeksekusi perubahan APBD 2021.

“Satu hal yang tidak kalah penting adalah sejauh mana persiapan untuk APBD 2022 di tengah-tengah pendapatan menurun dan kebutuhan belanja yang semakin meningkat,” katanya.

Ditambahkan Bupati, hasil evaluasi untuk Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan menunjukkan sudah cukup baik, namun masih ada beberapa catatan agar program yang diinginkan dapat terealisasi.

“Dua dinas tadi sudah cukup bagus cuma ada beberapa catatan dan penekanan dari saya. Catatan ini dapat menjadi acuan bagi dua OPD tersebut dalam peningkatan kinerja ” pungkasnya.

Bupati meminta agar para kepala OPD dapat mengeksplorasi kemampuannya untuk melakukan inovasi dan kolaborasi ditengah tengah keterbatasan anggaran agar target kinerja tercapai bahkan terlampaui.

Demikian disampaikan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat melakukan melakukan Dialog Evaluasi Pencapaian Target Kinerja dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan di Ruang Rapat Tadjimalela Bappeda, Kamis, (4/11/2021).

“Kita evaluasi dari 2020 sampai dengan 2021. Sejauhmana akselerasi dalam mengeksekusi perubahan APBD 2021 dan sejauhmana rencana menghadapi APBN 2022 ditengah pendapatan menurun dan kebutuhan belanja yang semakin meningkat,” ujarnya.

Bupati mengatakan, dialog dilaksanakan bertujuan untuk memastikan seluruh program di setiap OPD telah berjalan sesuai koridor.

Selain itu, juga untuk melihat performa dari para kepala Dinas dalam mengatasi setiap permasalahan dan mendirecting setiap anggotanya untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU).

“Dialog hari ini berkaitan pelayanan dasar yaitu Dinas Pendidikan dan Kesehatan. Kadis hadir langsung tidak boleh ada yang mendampingi. Saya ingin kupas lebih jauh pemahaman para kadis dalam mengelola dinasnya untuk mencapai IKU,” ujarnya.

Dikatakan Bupati, berkaitan hasil evaluasi untuk Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, ia menilai keduanya sudah cukup baik, namun demikian masih ada beberapa catatan agar program yang diinginkan dapat terealisasi.

“Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan  sudah cukup bagus cuma ada beberapa catatan dan penekanan dari saya,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Bappeda Sajidin, Kepala Dinas Kesehatan Dadang Sulaeman dan Kepala Dinas Pendidikan Agus Wahidin

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60