Diduga Terjadi Penyalahgunaan Anggaran Dana Desa, Warga Desa Bokat 4 Minta Penegak Hukum Menindaklanjuti Laporan Warga

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Abd Haris

Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah – Terkait, dugaan penyalahgunaan Dana Desa Tahun Anggara n2018, 2020 dan 2021 di Desa Bokat 4, Kab.Buol, Sulawesi Tengah yang dilaporkan masyarakat, kuat dugaan telah terjadi penyalahgunaan yang berdampak pada kerugian keuangan negara.

Disebutkan warga, salah satunya adalah proyek pengadaan depot air minum yang dianggap tidak transparan dan syarat dengan rekayasa, pasalnya dari keterangan menurut warga setempat (yang enggan namanya dipublikasikan-red), depot tersebut merupakan barang bekas yang sudah beberapa kali berganti pemilik.

“Sebelumnya barang tersebut milik masyarakat Desa Bongo, kemudian dibeli oleh Pak Mamat warga Bokat 4, yang merupakan suami dari Kepala Desa Bokat 4, ibu Helis,” ucapnya.

Iroisnya barang bekas tersebut justru di jual kembali ke desa yang dibayar memakai dana anggaran desa senilai Rp.40 juta (empat puluh lima juta rupiah).

Yang lebih memprihatinkan ternyata Depot tersebut sampai saat ini belum dapat difungsikan dengan semestinya sesuai harapan masyarakat khususnya warga Bokat 4.

Kabar tersebut dibenarkan oleh mantan Camat Bokat, Muhammadd Kahfi Marjuni saat dimintai keterangannya oleh awak media.

Agar tidak terjadi kegaduhan, warga meminta pihak penegak hukum untuk dapat menindaklanjuti informasi tersebut dan jika benar terjadi penyalahgunaan dana desa, maka dapat memproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara, Kepala Desa Bokat 4, Helis belum bisa dihubungi untuk dimintai tanggapannya terkait hal ini.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90