Dr.Ir.H.Dicky Saromi,M.Sc Kunjungi Kabupaten Bandung Rapat Bantuan Keuangan, Pilkades & Bumdes

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kabupaten Bandung)-, Dr.Ir.H.Dicky Saromi,M.Sc, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Bandung. Kunjungan kerja dalam rangka membahas bantuan dari pemerintah provinsi, pengembangan Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes  dan Pilkades serentak.

Saat menyempatkan wawancara bersama koransinarpagijuara.com usai bertemu dengan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia, Forum Badan Permusyawahan Desa dan pejabat dinas. Dr.Ir.H.Dicky Saromi,M.Sc, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat menjelaskaan hari ini saya tidak hanya membahas Pilkades, tapi yang kita bahas itu diantarnya bagaimana desa-desa yang akan menerima bantuan provinsi sebanyak Rp.130 Juta perdesa untuk mempercepat proses pengajuannya. Karena saat ini sudah mulai masuk ke tahun anggaran yang akan berakhir. Alhamdulillah, tadi hanya sedikit lagi desa yang belum selesai mengajukannya. Setelah pertemuan tadi , nanti mereka dihimbau untuk segera mengajukan bantuan provinsinya, jelasnya (13/110/2021)

Selain daripada itu, kita juga ingin mengetahui sejauh mana penataan-penataan kedepan yang ada dilakukan di desa desa di Kabupaten Bandung. Karena kita lihat kabupaten Bandung ini termasuk wilayah yang penduduknya sangat banyak, ada beberapa desa itu yang sudah berpenduduk 35.000 orang dan sebagainya. Sejalan dengan itu juga, ada bantuan dari badan informasi geospasial untuk menata batas-batas wilayah. Setelah pertemuan tadi banyak masukan yang penting dari berbagai pihak untuk kemajuan desa kedepan.

Dr.Ir.H.Dicky Saromi,M.Sc Saat Kunjungi Kabupaten Bandung Rapat Bantuan Keuangan, Pilkades & Bumdes

Lalu pembahasan yang ketiga itu perihal bagaimana kita pemerintah daerah bersama supaya terus menghidupkan badan usaha milik desa yang sudah terbentuk. Agar Bumdesnya masuk kategori sehat, kita ingin semua Bumdes itu menjadi sehat.

Sedangkan yang terakhir dibahas ialah persiapan Pilkades dan pelantikannya, agendanya kita selesaikan sampai dengan pelantikannya sebelum tahun 2021 berakhir. Oleh karena itu saya akan men-support apa yang dilakukan oleh dinas pemberdayaan masyarakat desa Kabupaten Bandung untuk mensukseskan ini semua. Intinya apa yang diprediksi bisa jadi masalah saat prosesnya dan beberapa desa yang punya agenda-agenda lain dan sebagainya. Melihat dari waktu yang ada, sepertinya semuanya akan teratasi sebelum tahun ini berakhir.

Pos terkait

banner 468x60