PUPR Depok Siapkan Tenaga Tangguh dan Profesional

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Anis M, SE. 

Koran SINAR PAGI, Kota Depok,- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Depok melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk warga masyarakat jasa kontruksi (kontraktor)

Sebanyak 60 warga masyarakat jasa kontrksi ikuti bimbingan teknis (Bimtek) tentang keselamatan kerja kontruksi (K3) berlangsung selama 2 hari, Selasa dan Rabu 12 – 13 Oktober 2022 bertempat di Wisma Hijau, Mekarsari Kecamatan Cimanggis, kota Depok.

Acara pelatihan K3 dibuka oleh Kabid Tata Ruang, Putri Nirmalasari Sari ST mewakili Citra Indah Yulianti, ST.MH Kepala Dinas PUPR kota Depok Nanang Mulyana narasumber, Wahyudin kasie Jasa Kontruksi Dinas di PUPR serta Narasumber lainnya.

Putri Nirmalasari, ST mengatakan, pekerjaan kontruksi sangat rentan dengan pemanfaatan teknologi, dimana unsur bahaya kecelakaan kerja pada saat di lapangan dan kerusakan pada aset atau properti himpunan gangguan pada keamanan lingkungan sangatlah tinggi, sebutnya.

Untuk itu kata Putri, diperlukan peningkatan ilmu pengetahuan tentang potensi kerja sebagai perencana sekaligus pelaksana penyelamat jasa konstruksi dalam pengendalian jasa kontruksi.

Dalam sambutan Putri Nirmala, ST menyampaikan, kegiatan bimbingan teknis atas dasar amanat Undang – undang Nomor 11 tahun 2020 serta Perpres dan Permen yang menyatakan Pemerintah Daerah kab/kota untuk dapat melaksanakan pelatihan tenaga terampil upaya peningkatan kinerja masyarakat jasa kontruksi katanya saat ditemui wartawan usai membuka acara, Selasa (12/10/2021)

Dia juga menerangkan, setiap pekerjaan konstruksi di bidang pekerjaan umum, diperlukan sistem manajemen keselamatan kontruksi (SMKK) juga pekerjaan di bidang umum.

” Ini adalah bagian sistem manajemen organisasi pelaksanaan keselamatan kontruksi sebagaimana telah ditetapkan peraturan menteri PUPR No 10 tahun 2021 tentang pedoman SMKK yang di keluarkan pepres No 10 Tahun 2021 sebagai standar pedoman pengadaan jasa konstruksi atau jasa penyedia”, ungkapnya.

Pos terkait

banner 468x60