Kadisdik Provinsi Jabar Teladan

  • Whatsapp
banner 468x60

Oleh : Dr. Dudung Nurullah Koswara, M.Pd
(Praktisi Pendidikan)

Menjadi pemimpin itu tidak mudah bahkan bisa membuat sejumlah orang menderita. Mengapa menderita? Karena beratnya amanah jabatan yang harus dipertanggung jawabkan pada publik dan negara plus tangung jawab pada Ilahi sebagai orang beriman.

Pekan ini jejaring maya dan grup WA para kepala sekolah banyak mengapresiasi keteladanan sosok Dedi Supandi, Kadisdik Provinsi Jawa Barat karena berhasil meraih predikat sebagai Pegawai Berkinerja Terbaik, kategori jabatan pemimpin tertinggi Jawa Barat tahun 2021.

Sukses Dedi Supandi meraih predikat sebagai pegawai berkinerja terbaik tentu tak mudah. Tantangan, komitemen dan derita suka duka sebagai pemimpin pasti dilalui. Pepatah klasik Belanda mengatakan “Leiden is Lijden” memimpin adalah menderita.

Sosok Dedi Supandi sebagai Kadisdik Provinsi Jawa Barat punya waktu bistirahat sangat sedikit. Jadwal padat merayap. Kepentingan pribadi sangat terbatas. Memimpin Disdik Provinsi Jawa Barat adalah memimpin “jamaah” paling gemuk di pemerintahan Jawa Barat. Tentu tanggung jawabnya sangat berat dan luas.

Mungkin para guru di Jawa Barat tidurnya bisa lebih nyenyak dan panjang dibanding Kadisdiknya. Itulah risiko Sang Pemimpin, paling cape dan menderita. Leluhur Sunda mengatakan seorang pemimpin tidur dan istirahatnya sangat kurang. Kesehariannya risau dan gelisah memikirkan rakyatnya.

Sosok Dedi Supandi tentu menduplikasi pemimpin leluhur Sunda yang bisa tidur saat semua rakyatnya sudah tertidur dan bangun sebelum rakyatnya bangun, Itulah pemimpin yang amanah. Memikirkan rakyat pendidikan Jawa Barat tentu tidak ringan. Tantangan dan rintangan sangat kompleks.

Dipundak Kadisdik Jawa Barat fenomena tak ringan seperti dinamika tahunan PPDB yang tak pernah sepi dari tuntutan masyarakat dan sejumlah pihak modus. Rotasi, promosi, bahkan demosi dan segala kompleksitas GTK Jawa Barat terkait dengan tanggung jawab sosok Dedi Supandi.

Namun luar biasa! Ditengah tanggung jawab berat dan sulit tertidur Ia meraih prestasi yang bisa menjadi teladan atau legacy bagi para GTK khusunya di Jawa Barat. Menjadi pejabat tinggi di Jawa Barat dan meraih predikat kinerja terbaik tentu tak mudah. Ini sebuah pencapaian strategis.

Mengapa strategis? Mengingat wilayah kerja Kadisdik Jawa Barat terkait langsung dengan GTK dan anak didik yang membutuhkan kepemimpinan terbaik. Dunia layanan pendidikan adalah dunia keteladanan, prestasi, dedikasi dan karakter.

Sebagai kepala sekolah penggerak dan mewakili Forum Komunikasi Kepala SMAN/SMKN/SLBN 69 Jawa Barat mengucapkan selamat dan sukses untuk Kadisdik Jawa Barat Dedi Supandi. Pemimpin pendidikan dituntut keteladanan dan dedikasi tiada batas. Sosok Dedi Supandi telah memberikan contoh terbaik.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90