KCD Wilayah VII : “BLUD Meringankan Biaya Pendidikan & Memberi Keuntungan Bagi Siswa”

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kota Cimahi)-, Siswa atau pelajar di Jawa Barat diarahkan atau dibentuk agar dapat menerima manfaat langsung dari keahlian yang diperolah dari sekolahnya. Dinas Pendidikan Jawa Barat memprioritaskan Sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Barat disiapkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Program kepala dinas pendidikan yang digulirkan itu diharapkan dapat meningkatkan potensi siswa dan membuka keuntungan bagi siswa. Sehingga berpengaruh secara langsung untuk menguatkan ekonomi keluarga.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat, wilayah VII, Arief Subakti mengungkapkan mendukung program tersebut. Karena nanti anak sekolah bisa melaksanakan praktik dengan kegiatan yang sekolah kerjakan dari kerjasama dengan industri. Jadi di sekolah bisa membuat atau membuka peluang pesanan dari mitra sekolah dibidang industri. Sehingga sekolah mendapatkan bayaran dan anak-anak juga yang mengerjakan bisa mendapatkan honor.

Menurutnya melalui program itu yang jelas hasilnya bisa membantu untuk biaya pendidikan dan membantu keluarga anak didik tersebut. Nanti sekolah lebih leluasa untuk mengembangkan sekolahnya. Karena tidak terbebani oleh biaya untuk praktek, tapi melalui kegiatan praktikum ini bisa menghasilkan uang bagi sekolah dan anak didiknya.

KCD wilayah VII berharap semua jurusan itu bisa bekerjasama dengan industri usaha di luar. Misalnya kalau jurusan komputer juga ya bisa menerima order sekolah yang nanti akan di laksanakan dalam praktek kegiatan siswa. Dan jurusan lainnya juga seperti tata boga atau otomotif.

Sebelum adanya BLUD sekolah tidak diperkenankan untuk menjual produk atau berbisnis usaha. Itu karena sekolah adalah lembaga pendidikan dan sudah dibiayai oleh pemerintah. Walaupun dananya belum mencukupi. Maka dengan BLUD, setelah bisa mengoptimalkan kegiatannya, targetnya bisa menambah atau menutupi kekurangan biaya operasional untuk praktik-praktik siswa-siswanya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90