LPPM ITB Berihadiah Buku “Bakti Kami Dipelosok Negeri” Ke Ditjen IKM LMEA Kemenprin RI

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kabupaten Bandung)-, Deny Willy Junaidy, S.Sn.,MT.,Ph.D, Sekretaris Bidang Pengabdian kepada Masyarakat perwakilan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyaraka atau LPPM Institut Teknologi Bandung memberikan hadiah buku kepada Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut (IKM LMEA), Dini Hanggandari. Saat membuka Program MKU MBKM KKN Pengabdian Masyarakat Top Down Dan Desa Binaan Institut Teknologi Bandung yang dilaksanakan di Desa Mekarmaju, Pasirjambu (05/10/21).

Deny Willy Junaidy kepada koransinarpagijuara.com, mengungkapkan tadi buku yang diberikan judul buku dan isinya tentang “Bakti Kami Dipelosok Negeri”. Buku itu berisi catatan dari kegiatan pengabdian masyarakat untuk 5 lingkar di seluruh Indonesia, ungkapnya

Menurutnya buku ini membahas tentang pengabdian masyarakat yaitu pertama Bandung Raya, lingkar kedua adalah Jawa Barat, lingkar ketiga di luar Jawa atau di luar Jawa Barat. Ke-4 di luar Jawa dan Sumatera dan lingkar kelima Daerah Tertinggal perbatasan 3 T. Setiap tahun punya kegiatan sekitar 250 kegiatan pengabdian masyarakat yang di bawah lembaga pendidikan dan pusat lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat LPPM ITB.

Diantara pengabdian masyarakatnya ialah banyak kegiatan yang tersebar di daerah perbatasan. Terkait dengan mulai dari rencana industri kreatif, penerapan teknologi tepat guna atau pelatihan dan pendampingan terpilih yang dilaksanakan. Sudah beberapa tahun berjalan kegiatan yang unggul misalnya ada suatu titik di Nunukan daerah perbatasan RI-Malaysia, itu sudah puluhan tahun berjalan. Hasilnya sudah baik dengan mendirikan sekolah dari nol sekolahnya di lantai satu sekarang menjadi sekolah terbaik.

Selain itu juga LPPM membantu pengelolaan air di Maninjau tentang mengambil dan memanfaatkan air melalui keramba dari bawah ke atas. Sedangkan yang dari Jawa pengelolaan susu, pelatihan jamur dan juga program pembinaan sentra bambu yang sekarang sudah semakin maju ekspor dan lain-lainnya. Kemudian yang ini masuk desa binaan yang kita ekspos, kegiatan yang berlangsung 5 tahun. Tentang campuran untuk metalurgi, persisnya supaya lebih baik kualitas dalam pencampuran dengan teknologi dengan teori dan alat-alat, lalu mahasiswa dilibatkan langsung sesuai arahan Kementerian Pendidikan menjalankan program kampus merdeka.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90