Wily Wirasasmita Kades Cibodas Perluas Kerjasama Dengan Berbagai Perguruan Tinggi

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kabupaten Bandung)-, Pemerintah desa Cibodas berupaya memperluas kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi. Hal ini untuk menata dan mengembangkan potensi desanya.

Kepala Desa Cibodas Kecamatan Pasir Jambu, Wily Wirasasmita mengungkapkan kerjasama dengan perguruan tinggi sudah terjalin sejak dulu menjabat periode pertama. Misalnya dibidang ekonomi, pendidikan dan aset. Jadi kami mohon kepada Lembaga Pengabdian Masyarakat atau LPM yang ada di perguran tinggi untuk menjadikan desa kami sebagai binaan dan pelatihan. Diantarnya dalam hal bidang ekonomi termasuk ekspor dan impor, lalu di bidang produk unggulan desa yaitu kopi dan teh. Jelasnya saat ditemui di kantor desanya

Menurutnya kerjasama yang telah terbentuk itu dengan Sekolah Tinggi Lembaga Administrasi Negara perihal peningkatan kapasitas masyarakat perangkat desa, BPD, RT dan RW. Jadi kita ada dalam binaan mereka. Selain itu dengan Universitas Trisakti, kita mengajukan surat yang isinya ingin dibimbing untuk mendata aset dan program ekovilage.

Dan kedepan akan kerjasama dengan ITB perihal pemanfaatan air bagi masyarakat supaya lahan atau warga masyarakat sekitar yang kesulitan air teratasi. Mereka ingin ada teknologi itu yang menarik air dari bawah ke atas. Dan itu yang punya teknologi biasanya orang akademisi mesin atau teknologi.

Sedangkan saat ini kampus yang baru masuk ke desa ingin pengembangan bareng-bareng dalam hal penataan wisata-wisata ialah universitas Al Gifari. Petinggi dan perwakilan kampusnya sudah ke sini. Selanjutnya tinggal pelaksanaan dari rencana dan program kerjanya saja kedepan.

Wily menyimpulkan semua kerjasama itu tanpa membebani Anggaran Pendapatan Belanja Desa atau APBDesa. Semua biaya ditanggung lembaga pengabdian kampus. Peluang itu yang dimanfaatkan pemerintah desa.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90