Koran Sinar Pagi Dan IPJI Jadi Media Partner Akselerasi Percepatan Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : A Y Saputra/ Dudi Kris

Kabupaten Ciamis – Bekerja sama dengan media Koran SINAR PAGI Biro Kab.Ciamis dan Forkopimda Kab.Ciamis, DPC IPJI Ciamis melaksanakan Gebyar Vaksinasi Covid-19 dosis 1 di Desa Girimukti, Kamis (30/09/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi untuk menciptakan herd immunity masyarakat tersebut juga didukung penuh oleh Muspika Kecamatan Cisaga, dan Pemerintah Desa Girimukti.

Untuk Gebyar Vaksinasi ini, Dinas Kesehatan Ciamis menyiapkan 400 dosis 1 Vaksin dengan menerjunkan tim nakes dan vaksinator dari Puskesmas Cisaga.

Pantauan dilapangan, kegiatan tersebut disambut antusiasme warga dari 3 (tiga) dusun yang ada di Desa Girimukti yakni Dusun Ciawitali, Pagambiran, dan Sukaluyu.

Kepala Desa Girimukti, Dasmadi dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada para jurnalis dan pengurus DPC IPJI Ciamis dan Koran SINAR PAGI Ciamis atas kerjasama akselrasi percepatan vaksinasi covid-19 di desanya.

“Kegiatan yang didigagas oleh para jurnalis ini merupakan kegiatan vaksinasi pertama yang diadakan di Desa Girimukti dan Alhamdulillah mendapat sambutan yang baik dari masyarakat,” ucapnya.

Dari sekitar 1.500 orang warga yang belum di vaksin, lanjutnya, hanya 400 warga yang di vaksin dikarenakan kuota yang terbatas, hanya 400 dosis.

Disebutkan, setelah terjadi dua kasus warga meninggal dunia akibat terkonfirmasi positif Covid-19 dan beberapa warga positif namun sudah selesai isoman, pihaknya sudah beberapa kali mengusulkan agar vaksinasi dilaksanakan di Desa Girimukti, namun belum terselenggara.

“Berkat IPJI hari ini bisa terlaksana yang diawali dengan sosialisasi hingga masyarakat antusias datang dan di vaksin,” ujarnya.

Ia berharap sinergitas bisa terus terjalin, sehingga percepatan vaksinasi bisa terlaksana hingga heard immunity bisa tercipta diwilayahnya.

“Sinergitas, kehadiran wartawan ini merupakan terobosan dan langkah yang positif, kami mengucapkan terima kasih kepada IPJI Ciamis,” pungkasnya.

Sementara, Arif Ma’ruf, Ketua DPC IPJI Ciamis didampingi Kabiro Koran SINAR PAGI, Wartono SP sebagai media partner mengatakan, ini saatnya wartawan berkontribusi dan bersinergis secara nyata pada program pemerintah.

“Kami para awak media bersinergis dengan Forkopim melakukan akselerasi percepatan vaksinasi dosis 1 covid-19, Alhamdulillah hari ini bisa terlaksana di Desa Girimukti,” kata Arif.

Lanjut Arif, DPC IPJI Ciamis mencoba berkiprah nyata terutama dengan para nakes khususnya vaksinator untuk mewujudkan heard immunity dengan yang sudah ditargetkan pemerintah dengan sasaran 70%.

“Untuk mencapai sasaran 70%, menjadi tantangan dengan kondisi masyarakat yang sudah termakan berita hoax, sekarang karena vaksin sudah teruji klinis makanya masyarakat kita edukasi agar tidak meragukan divaksin covid-19,” pungkas Arif Ma’ruf.

Sementara Kabiro Ciamis Koran SINAR PAGI, Wartono SP mengatakan, keterlibatan Koran SINAR PAGI sebagai media partner IPJI dalam melaksanakan gebyar vaksin ini untuk mendukung program pemerintah.

“Jangan tanggung – tanggung untuk Vaksin ke 2 pun mohon dorongan dari rekan – rekan media yang tergabung dalam Organisasi IPJI,” pungkasnya.

Ketua Tim Vaksinasi, Bidan Oom Komariah menilai kegiatan dengan keterlibatan IPJI merupakan kerjasama yang bagus dalam meningkatkan pelayanan terhadap tim nakes maupun kepada masyarakat.

Dijelaskan, manfaat vaksinasi adalah untuk kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19 maupun variannya.

Pada akselerasi percepatan vaksinasi Covid-19 dosis 1 di Desa Girimukti tercapai target sasaran 400 dosis, namun ada beberapa warga yang ditunda pelaksanaannya karena dalam kategori komorbid yakni saat di skrining memilikk kadar gula darah tinggi, flu, tensi darah tinggi dan lain- lain.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90