Mewujudkan Desa Juara Melalui Smart Leadership Kepala Desa

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Dwi Arifin

Bandung – Bertempat di Ruang Pertemuan Al Muthawali DPMD Prov. Jabar, Akademi Desa Juara atau AKSARA sebagai salah satu kolaborasi Pemda Prov. Jabar dengan Pemerintah Desa dalam mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin melalui percepatan pembangunan desa.

Kegiatan AKSARA yang bertajuk “Mewujudkan Desa Juara Melalui Smart Leadership Kepala Desa”, dihadiri 44 kepala desa berstatus mandiri dan tertinggal diselenggarakan mulai hari ini hingga besok, Kamis (30/09/2021).

Sebagaimana diketahui, bahwa AKSARA merupakan media pembelajaran dan pengembangan sumberdaya manusia, khususnya kapasitas aparatur penyelenggara pemerintahan desa.

Selepasnya para peserta diharapkan memiliki peningkatan keahlian manajerial, leadership, visioner, kreatif, dan inovatif dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dinamis dan semakin kompleks.

Guna membekali keahlian para peserta AKSARA, pihak panitia mengundang narasumber yang berpengalaman di bidang leadership, smart thingking, dan problem solving, antara lain Prof. Fernandes Simangunsong, S.STP, S.AP, M.Si (Guru Besar IPDN), Ade Julius Rizky (International Certified Mind & Brand Management Trainer), dan Nyoman Indra Permana (Situational Leadership Trainer).

Sementara itu, Wahyudin, S.Sos., MM, Sekretaris Dinas yang mewakili Kepala DPMD Prov. Jabar membuka kegiatan AKSARA, mengatakan bahwa permasalahan yang paling mendasar dalam pembangunan adalah perencanaan, sistem, dan sumberdaya manusia.

“Memasuki era disrupsi industri 4.0, digitalisasi, dan pandemi Covid-19, semua pihak harus kreatif dan inovatif, termasuk para penyelenggara pemerintahan desa,” jelasnya.

“Sehingga tahan banting dalam menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang semakin kompleks,” imbuhnya lagi.

Oleh karena itu, Kang Emil dan Kang Uu menaruh harapan dan optimisme kepada para Kepala Desa di Jabar, terus berinovasi menghadirkan layanan yang lebih baik dan mensejahterakan rakyatnya, pungkas Sekretaris DPMD Prov.Jabar menutup sambutannya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90