Kapolsek Rambang Lubai Bersama Kanit Lantas Himbau Pengendara R2 Agar Tidak Menggunakan Knalpot Racing

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Iwan Brata

Kabupaten Muara Enim – Dalam rangka menciptakan dan mewujudkan Kamseltibcar Lantas ( Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas ) di wilayah hukum Polsek Rambang Lubai Polres Muara Enim, Satuan Lalu Lintas Polsek Rambang Lubai di bawah pimpinan Kanit Lantas Lantas melaksanakan kegiatan Lalu Lintas yang bersifat Pre-emtif, Preventif maupun Represif.

Ditinjau dari segi Pre-emtif, Satlantas Polres Muara Enim Polsek Rambang Lubai telah melakukan kegiatan diantaranya; Dikmas Lantas ( Pendidikan Masyarakat Lalu Lintas ) baik untuk masyarakat terorganisir ( sekolah, kampus, pangkalan ojek, instansi pemerintahan dan swasta ) maupun kepada masyarakat tidak terorganisir ( masyarakat yang ada di pasar, warung, dsb.

Melalui kegiatan Pre-emtif ini jajaran Satlantas Polres muara Enim Polsek Rambang Lubai memberikan himbauan dan pengetahuan tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang tertuang didalam UU RI No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kegiatan ini juga diterapkan dalam bentuk sosialisasi dengan menggunakan sarana Spanduk, Baliho, Banner, selebaran atau Brosur yang dibagikan kepada masyarakat.

Begitu juga pelaksanaan dari segi Preventif, personel Satlantas Polres Muara Enim Polsek Rambang Lubai juga melakukan upaya pencegahan terhadap terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, seperti Commander Wish ( CW ) dengan melakukan pengaturan dan penjagaan setiap pagi, siang dan jam sibuk. Kemudian juga melakukan patroli ke daerah rawan macet ( trouble spot ) maupun daerah rawan terjadinya Laka Lantas ( Black Spot ).

Sedangkan dari segi Represif, jajaran Satlantas Polres Muara Enim Polsek Rambang Lubai saat ini sedang gencar gencarnya melaksanakan Penegakkan Hukum terhadap masyarakat yang masih kedapatan melanggar aturan berlalulintas di jalan raya sekaligus melakukan penindakan berupa Tilang.

Mengenai penertiban dan penindakan terhadap aksi balapan liar di jalan raya dan penggunaan knalpot racing yang tidak sesuai dengan peruntukkannya, untuk itu personel Satlantas Polres Muara Enim Polsek Rambang Lubai saat ini sedang gencar gencarnya melakukan penindakan terhadap pelanggar Knalpot Ressing tersebut.

“Kita bersama tahu, bahwa jalan yang ada bukan bagi aksi balap balapan karena fungsi dan kegunaan jalan itu merupakan kepentingan bagi banyak orang. Jadi apabila ada suatu aksi balapan di jalan raya sudah pasti kepentingan sebagian besar orang / masyarakat akan terganggu,” katanya

Begitu juga aksi dari segi keamanannya, ujar dia, kegiatan balapan balapan tersebut akan meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas dengan fatalitas korban Meninggal Dunia, Luka Berat, Luka Ringan, maupun kerugian materil.

Selanjutnya, penggunaan Knalpot Racing pun bagi kendaraan bermotor merupakan suatu bentuk pelanggaran lalu lintas karena knalpot racing itu tidak sesuai dengan spectek/ standarisasi yang ada.

Berdasarkan UU RI No 22 tahun 2009 Pasal 285 Ayat (1) berbunyi : Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan Baik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot dan kedalaman alur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Sangat banyak keluhan dan keluhan masyarakat terhadap pengendara yang masih menggunakan knalpot racing di jalan raya, karena suara knalpot tersebut sangat mengganggu kenyamanan dan ketentraman di tengah masyarakat, antara lain: mengganggu orang yang sedang beribadah, mengganggu proses belajar mengajar di sekolah, mengganggu kenyamanan pasien di rumah maupun di rumah sakit serta mengganggu aktifitas masyarakat lainnya.

Untuk itu Kaposek Rambang Lubai AKP.Apriansyah,SH.MSI dan Kanit Lantas Polsek Rambang Lubai menghimbau kepada semua pemilik kendaraan bermotor baik R2 dan R4, ‚ÄĚJangan menggunkan Knalpot Yang membuat Tidak nyamanya Lingkungan ,pakailah kendaraan dengan standar yang telah di tentukan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90