Kemenkop Akan Bantu UMKM Sumedang

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Jeky

Kabupaten Sumedang – Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM RI Hanung Harimba Rachman  akan membantu pengembangan UMKM di Kabupaten Sumedang, termasuk penguatan kelembagaan, rumah kemasan, peralatan (mesin) dan juga akses pasarnya.

Hal itu disampaikan olehnya kepada Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat berkunjung ke Gerai UMKM IPP Setda Kabupaten Sumedang, Sabtu (25/9/21).

Kunjungan Deputi beserta jajaran merupakan balasan setelah sebelumnya Wabup Erwan Setiawan melakukan kunjungan ke Kementerian Koperasi dan UKM RI di Jakarta, pada Senin, 23 Agustus 202 lalu.

Dikatakan Hanung, selain letak strategis yang tidak dimiliki daerah lain serta banyaknya perguruan tinggi, Kabupaten Sumedang memiliki potensi UMKM yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi UMKM berbasis inovasi.

“Kabupaten Sumedang adalah daerah yang sangat strategis dalam mendukung setiap tahapan bagi pertumbuhan dan perkembangan UMKM,” katanya.

Ia menyampaikan terima kasih karena telah diundang dan membuka kerja sama kaitan pengembangan UMKM di Kabupaten Sumedang.

“Kita bisa rencanakan dari awal kerja sama untuk pengembangan UMKM dari tahap ke tahap agar nanti saat pengembangan wilayah yang tumbuh sangat cepat ini, kita sudah memberi ruang yang cukup bagi UMKM kita untuk tumbuh,” ujarnya.

Ia menilai bahwa pengembangan UMKM di Kabupaten Sumedang sudah sangat luar biasa, tinggal pengemasan dan marketingnya dikembangkan supaya lebih luas lagi.  

“Mungkin yang non food perlu sama sama kita dorong. Tadi ada kaos kaki, produk produk fashionnya bisa kita kembangkan. Kemudian produk jasa lainnya karena di sini banyak perguruan bisa kita dorong UMKM yang basisnya konsultan atau enginering,” tukasnya.

Bupati Dony Ahmad Munir menyatakan kegembiraannya karena UMKM Sumedang mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat melalui kerja sama yang akan dijalin.

“Alhamdulillah, kami berterima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM yang meninjau langsung potensi-potensi UMKM yang ada di Sumedang dan selanjutnya akan dipilah mana produk-produk yang bisa dipasarkan keluar Sumedang bahkan keluar negeri,” kata Bupati.

Pos terkait

banner 468x60