LLDIKTI IV: Arsip Sebagai Penopang Aktifitas Utama Administrasi

banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Kearsipan Bagi Tenaga Administrasi Perguruan Tinggi Swasta Pada LLDIKTI Wilayah IV secara blended yaitu secara daring melalui zoom meeting dan secara luring di Ballroom Hotel Ibis TSM sebanyak 80 peserta yang telah diundang sebelumnya. Sebelum memasuki tempat kegiatan, para peserta yang hadir secara luring diwajibkan untuk melakukan tes swab antigen dengan hasil tes negatif di tempat pelaksanaan kegiatan.

Diawali dengan laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Bagian Tata Usaha LLDIKTI Wilayah IV, Entin Hartini, S.Sos.,M.Si. Arsip merupakan komponen yang sangat penting untuk menopang seluruh aktifitas di institusi pemerintah maupun institusi swasta, namun kondisi kearsipan diberbagai institusi tersebut belum baik dan benar.

“Oleh karena itu arsip harus dikelola dengan baik dan benar sehingga menjadi lebih efektif dan efisien, berkaitan dengan hal itu, LLDIKTI Wilayah IV menyelenggarakan bimtek pengelolaan kearsipan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan peranan arsip sebagai bukti akuntabilitas kerja untuk mendukung proses pengambilan keputusan”. Ujar Entin.

Plt. Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Ir. Dharnita Chandra, M.Si hadir memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa arsip adalah penopang aktifitas yang utama dalam suatu instansi. “Arsip itu bukan seperti barang bekas yang disimpan dimana saja, tetapi harus disimpan secara baik agar dapat terjaga kondisinya.” Ujar Dharnita.

“Arsip juga bukan hanya penting untuk institusi saja, melainkan penting untuk kita secara pribadi pun harus bisa melakukan pengelolaan arsip yang baik”. tambahnya. Narasumber yang diundang dalam kegiatan ini adalah tenaga ahli dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan praktisi dari Indoarsip.

Pos terkait

banner 468x60