Desa Gudang Dari Sumedang Jabar Juara I Nasional Posyantek Desa Berprestasi

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Jakarta)-, Posyantek Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang dengan inovasinya alat pengolah sampah organik menjadi biogas (biodigester) komunal dan biodigester portable berhasil menjadi Juara I Nasional Posyantek Desa Berprestasi, dan menyisihkan 3 (tiga) finalis lainnya yang berasal dari DKI, Riau, dan Jateng.

Kepastian juara tersebut diperoleh sesaat setelah pengumuman anugerah pemenang lomba ajang Gelar TTG Nasional 2021 yang diselenggarakan di Gedung Makarti Kemendes PDTT pada Senin (20/9/2021).

Sebagai Juara I Nasional Posyantek Desa Berprestasi pada ajang lomba Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional Ke-XXII Tahun 2021, Posyantek Desa Gudang berhak memperoleh uang pembinaan sebesar Rp. 30 juta.

M. Awaludin “Sang Kreator” inovasi biodigester komunal dan biodigester portable tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya saat ditemui di lokasi acara.

“Saya mengucapkan terima kasih atas segala dukungannya selama mengikuti tahapan seleksi Lomba Posyantek Desa Berprestasi,” tuturnya.

“Bimbingan dan dukungan dari pihak Pemkab Sumedang & Pemerintah provinsi Jabar menjadi motivasi dan inspirasi untuk meraih prestasi ini,” imbuhnya.

Inovasi alat pengolah sampah organik menjadi biogas (biodigester) buatan Desa Gudang yang memiliki nilai ekonomi dan nilai lingkungan memang sangat luar biasa.

Selain bisa diterapkan di lingkungan RW atau tempat-tempat pengolahan sampah dengan kapasitas yang lebih besar, biodigester versi portablenya pun mampu mengolah satu kubik sampah organik untuk skala rumah tangga.

Sehingga mampu mencuri perhatian tim juri, dan pantas menjuarai lomba Gelar Teknologi Tepat Guna.

Sementara itu, Ir. Bambang Tirtoyuliono M.M, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau DPMD Provinsi Jabar yang hadir pada acara puncak Gelar TTG Tingkat Nasional Ke-XXII , menyampaikan apresiasi atas keberhasilan posyantek Desa Gudang meraih predikat Juara Posyantek Desa Berprestasi.

“Atas nama pribadi & Pemerintah daerah Jabar, kami sampaikan ucapan selamat kepada posyantek Desa Gudang,” paparnya.

“Semoga keberhasilan hari ini akan menjadi penyemangat untuk berkreasi & berinovasi. Menciptakan lebih banyak lagi inovasi teknologi tepat guna yang murah dan mudah diterapkan di masyarakat” tandasnya lagi.

Pada saat yang bersamaan, Bupati Sumedang, H. Doni Ahmad Munir, menuturkan bahwa keberhasilan Posyantek Desa Gudang menjadi Juara I Nasional Posyantek Desa Berprestasi membuktikan warga Sumedang sangat kreatif dan inovatif.

Acara puncak Gelar TTG Nasional XXII Nasional 2021 yang bertemakan “Melalui Gelar TTG Nasional, Kita Tingkatkan Pendayagunaan Teknologi Tepat Guna yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan Menuju Desa Berdaya Saing” dibuka secara resmi oleh Menteri Desa PDTT Republik Indonesia, dan sebagian besar acaranya diselenggarakan daring dikarenakan situasi pandemi yang belum selesai.

Selain dilakukan penyerahan penghargaan pemenang Gelar TTG Nasional Ke-XXII. Agenda kegiatan tahunan Kementerian Desa PDTT ini, juga menyelenggarakan lokakarya dan rakornis pemantapan Gelar TTG Nasional Ke-XXIII tahun 2022 & 2023 mendatang.

Lokakarya yang mengetengahkan tema bahasan pemanfaatan TTG dalam pembangunan desa, menghadirkan Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Guru Besar UPN Veteran Jatim, Guru Besar Unpad, dan Deputi Penelitian Riset & Inovasi sebagai narasumber.

Sementara dalam rakornis dibahas pemantapan Gelar TTG Nasional XXIII tahun 2022 di Jabar. Namun untuk tempat penyelenggaraan Gelar TTG Nasional tahun 2023, sampai berita ini diturunkan masih dalam tahap pembahasan.

(Sumber: Jujun/Humas DPMD Jabar)

Pos terkait

banner 468x60