Ombudsmen RI Memberi Pencerahan Kepada Stakeholder Pendidikan di Kab.Bogor

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Arief

Kabupaten Bogor – Era kolaborasi dan saling menguatkan layanan publik diberbagai bidang harus terus digalakan. Adalah entitas Komite Sekolah yang menginisiasi adanya silaturahmi, diskusi ringan dengan pihak Ombudsman RI.

Silaturahmi antara Ombusmen RI dengan entitas Komite Sekolah, sejumlah kepala dan pengawas SLTA Kabupaten Bogor dilakukan untuk menguatkan peran layanan pada publik.

Mewakili Ombudsman RI, Hery Susanto sangat memberi pencerahan pada berbagai unsur pendidikan, seperti, Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan MKKS SLTA Kabupaten Bogor.

Hery Susanto mengajak semua aparatur negara terutama dalam dimensi pendidikan untuk lebih tertib dan maksimal dalam melayani publik.

“Keberadaan Ombusman RI adalah untuk memberi pencerahan pada sejumlah aparatur pelayan publik agar tidak terjadi maladministrasi. Sifat Ombusman adalah korektif edukatif pada semua pihak yang sengaja atau tak sengaja melakukan maladimistrasi,” terangnya.

Hery Susanto nampak dengan jelas sangat menjungjung tinggi martabat Ombudsman RI. Ia pun sangat menghargai aparatur pendidikan yang merupakan bagian dari pelayan publik.

“Ombudsman RI dan para apartur pendidikan harus kolaboratif meningkatkan kinerja dan layanan terbaik demi publik,” kata Hery.

Dijelaskan bahwa Ombudsman RI menerima pengaduan dari masyarakat dan harus ditindaklanjuti. Menurutnya, Ombudsman diartikan sebagai agen pemerintah yang berfungsi sebagai mediasi antara masyarakat dengan aparat pemerintah dan harus bertindak secara independen serta tidak berat sebelah.

“Bila ada oknum Ombudsman yang “malapraktik” tidak independent dan modus dan bahkan memanfaatkan pengaduan sebagai mata pencaharian adalah penyimpangan,” tegasnya.

Ombudsman menurut Hery Susanto tidak menggiring pada ranah pidana tapi lebih ke ranah korektif dan meminta pihak yang diadukan oleh masyarakat untuk melakukan perbaikan layanan publik.

“Ombudsman RI harus bersih dari segala bentuk “modus”. Bila ada oknum Ombusman malah memanfaatkan jabatannya sebagai alat untuk mengeksploitasi aparatur dan ujung-ujungnya nominal maka harus dilaporkan,” ujarnya.

Sebagai mantan pejuang reformasi 98, nampak idealisme Hery Susanto sangat menonjol. Ia sosok teladan aparatur Ombudsman RI yang punya integritas dan semangat menegakan kebaikan layanan publik

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90