Usaha Tanaman Hias Dimasa Pandemi Diminati Lalu Dikembangkan Susan & Rahma

banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Ciamis)-, Halaman rumah yang indah dan harum, karena adanya tanaman hias menjadi impian bagi penghuninya. Apalagi di masa pandemi yang mengarahkan agar banyak beraktifitas di rumah. Keadaan seperti itu membuat banyak orang berupaya memperindah atau menambah koleksi tanaman hiasnya. Sehingga mempengaruhi kenaikan jumlah pemesanan dan minat pembelian bunga secara online.

Susan dan Rahma pengusaha tanaman hias mengungkapkan sejak masa pandemi penjualan bunga kadang stabil dan naik. Kebanyakan pelanggan dari wilayah terdekat, kita antar langsung. Selain itu kadang ada pelanggan yang dari luar kota memesan, langsung kita kirim pake jasa Pos. Jelasnya saat interaktif weekend bersama jurnalis koransinarpagi juara.com, sambil menunjukan tanaman hias di lokasi KT Sherlock Holmes Jl-Bendungan Maganti, Sidarahayu Purwadadi, Kabupaten Ciamis

Menurutnya saat ini jumlah tanaman hias koleksinya mencapai ratusan jenis dan bekerjasama dengan pengusaha atau agen / distributor bunga yang ada di wilayah Gandurng Mangu Cilacap. Jika ada pemesanan bunga yang tidak ada di KT Sherlock Holmes. Harga bunga dari produk sendiri lebih murah dari pada bunga yang produk luar negeri. Harga bunga disini mulai dari harga 5000 sampai ratusan ribu. Cocok harganya buat dompet ibu-ibu.

Susan dan Rahma kompak menerapkan protokol kesehatan saat melayani pelanggannya. Sebagai upaya agar terhindar dari bahaya penyebaran virus covid19. Jika sedang kurang sehat lebih baik memilih diam di rumah. Kalaupun sedang sehat seandainya perlu bertemu pelanggan harus pake masker. Bila ada pelanggan ingin melihat koleksi bunga, kita kirim gambar-gambarnya melalui aplikai online. Sehingga pelanggan atau calon pembeli tidak perlu ke lokasi.

Dan kami juga membuka jam layanan konsultasi tentang perawatan bunga bagi yang membutuhkannya. Kalau untuk jam kerjanya, biasanya kita di hari weekend agendanya memproduksi tanaman hias, sedangkan untuk hari kerja dikhususkan pengiriman bagi para pelanggan. Perihal keuntungan cukup mengiurkan, jika koleksi dan jumlah bunga yang ada terus diperbanyak. Lalu dikelola dengan baik sampai pelanggannya semakin bertambah.

Saat ditanya apakah akan mengembangkan usahanya dengan menambah jumlah produk tanaman hias & bunga yang terbuat dari plastik atau kertas?

Susan menjawab kalau saat ini belum terbayang ke arah sana. Karena belum ada keahlian untuk membuatnya dan distributor atau pengrajin untuk mendapatkan produknya belum ada. Jadi fokus pada produk yang sekarang.

Informasi yang dihimpun koransinarpagijuara.com, tanaman hias buatan dari jenis kertas atau plastik, mulai populer hingga diminati calon pembeli untuk hiasan diruang kantornya atau ruang tamunya. Selain karena perawatannya yang lebih mudah dan harga terjangkau, tanaman hias tersebut keindahannya hampir mirip bunga asli dan lebih tahan lama.

Pos terkait

banner 468x60