IKA UNPAD Selenggarakan Gebyar Vaksinasi Pelajar SLB Wilayah Kabupaten Bandung

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kabupaten Bandung)-, Siswa dari Sekolah Luar Biasa atau SLB di Kabupaten Bandung serentak mengantri disuntik vaksin pada 1 september 2021. Kegiatan vaksinasi bekerjasama dengan tim medis dari Dinas Kesehatan, Ikatan Alumni Unpad dan Bank Bjb. Pelaksanaan vaksinasi berlangsung di lingkungan SLBN Cinta Asih Soreang di Jalan Nyalindung No. 91 Soreang, Kabupaten Bandung.

Kordinator Pelaksanaan vaksinasi penyandang disabilitas dari Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran Arif Aminudin menyampaikan acara hari ini merupakan vaksinasi khusus bagi penyandang disabilitas. IKA UNPAD menjalankan fungsi akademisinya sebagai akselerator dan kordinator antara dinas terkait, seperti dinas sosial, pendidikan, dan kesehatan. Sebelumnya di Bale Rame vaksinasi yang dilaksanakan dihadiri langsung oleh Gubernur Ridwan kamil, vaksinasi yang berkelanjutan ini dengan dosis jenis sinopav  akan diberikan kepada 120 orang. Vaksin ini tadinya khusus jema’ah haji, tapi karena ibadah hajinya batal jadi dialihkan ke penyadang disabilitas, jelasnya kepada wartawan media cetak dan online koran SINAR PAGI dilokasi.

Menurutnya kegiatan vaksinasi telah berlangsung di 20 lokasi khusus kabupaten /kota, sebelum ada gebyar vaksinasi capainnya hanya 1500 orang, namun sekarang bertambah naik 11 ribu sampai 12 ribu. Sebagai akademisi kami berperan menjadi akaselerator memetakan masalah dan simpul-simpul yang macet untuk ditemukan solusinya.

Arif melihat para peserta, mereka datang ke lokasi harus berjuang lebih, atau kadang mereka yang gangguan mental dan NIK tidak punya. Seperti yang terjadi di Bekasi, kami korndinasi langsung dengan Wali kota Rahmat Efendi, agar mereka difoto dan dibuatkan KTP langsung di lokasi.

Arif menyimpulkan saat ini dari hasil evaluasi pelaksanaan vaksinasi masih banyak kurang lebih ada 40 ribu stok vaksin. Nantinya akan diberikan saat acara lanjutan gebyar vaksinasi pada tanggal 4,5,9 bulan september di kota/kabupaten di Jabar. Kami berharap vaksinasi bagi penyandang disabilitas ini berjalan lancar. Karena mereka merupakan warga yang sama memiliki hak untuk sehat dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki masing-masing. Dan melalui vaksinasi ini pandemi diharapkan mulai melandai dan semuanya berjalan seperti semula.

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60