Bank Sampah Dan TPS 3R di Kab.Sukabumi Tumbuh, Kelola Sampah.905.52 Ton/Tahun

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Arief

Kabupaten Sukabumi – Pembangunan Bank Sampah merupakan salah satu program strategis Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi. Dengan tujuan membina kesadaran kolektif masyarakat dalam memilah, mendaur ulang, dan memanfaatkan sampah.

Dengan Komitmen tinggi, pengelolaan sampah menunjukan hasil yang cukup memuaskan. Sesuai data yang dirilis Dinas Lingkungan Hidup tentang perkembangan Bank Sampah dan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R).

Data tersebut menunjukan pada tahun 2020 baru terdapat sebanyak 54 buah, sedangkan sampai dengan akhir Agustus 2021 Bank Sampah dan TPS 3R sudah berkembang menjadi 72 Buah. Artinya ada pertumbuhan sebesar 40.74%. Adapun jumlah sampah yang berhasil dikelola sebesar 75.46 ton/bulan atau 905.52 ton/tahun.

Demikian juga dengan wilayah layanan Bank Sampah dan TPS 3R semakin meluas, tahun 2020 meliputi 36 Desa dan 27 Kecamatan, sedangkan tahun 2021 telah bertambah menjadi 50 Desa dan 31 Kecamatan.

Meskipun capaiannya signifikan, tetap harus ditingkatkan untuk mencapai target kebijakan dan Strategi Daerah (Jakstrada) Kabupaten Sukabumi yaitu pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70% pada tahun 2025.

Menurut Kabid Pengelolaan Sampah DLH, Denis Eriska, ada beberapa manfaat Bank Sampah dan TPS 3R untuk lingkungan diantaranya Mengurangi Penumpukan Sampah dan Mencegah Pencemaran Lingkungan

“Kegiatan masyarakat memilah dan mengumpulkan sampah dan menyetorkan ke Bank Sampah dapat mengurangi penumpukan sampah secara efektif juga berkontribusi mencegah pencemaran lingkungan akibat sampah yang tidak bisa diurai,” terangnya.

Selain itu, tambah Denis, Bank Sampah dan TPS 3R berfungsi sebagai sosial ekonomi masyarakat dan menambah umur pakai Tempat Pembuangan Akhir Sampah

“Bank Sampah dapat membantu perekonomian masyarakat karena memberikan peluang penghasilan tambahan. Dari pengelolaan 72 Bank Sampah dan TPS 3R di Kabupaten Sukabumi baik itu sampah organik maupun an-organik telah menghasilkan omzet sebesar Rp.244.332.000/bulan,” tambahnya.

Dengan semakin berkembangnya Bank Sampah dan TPS 3R yang disinergikan dengan program pengelolaan sampah melalui Sukabumi Bersih, Tertib dan Asri ( Bestari ) diharapkan dapat menunjang terwujudnya visi Kabupaten Sukabumi, yaitu, Terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang Religius, Maju dan Inovatif menuju Masyarakat Sejahtera Lahir dan Batin, pungkas Denis Eriska.

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60