MoU Uniga Dengan Apdesi Terkait Strategi Kolaborasi Pengembangan Desa Wisata

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Fitri

Kabupaten Garut – Telah dilaksanakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Garut, Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) dan Ngumbara Lembur yang dilaksanakan secara langsung di Ruang Rapat Universitas Garut, Jum’at (27/8/2021).

Kerjasama ini mengusung konsep “Strategi Kolaborasi Pengembangan Desa Wisata dengan Pendekatan Pentahelix dalam Rangka Percepatan Perekonomian Daerah” salah satu rencana yang akan dikembangkan adalah dengan membangun Desa Wisata di Kecamatan Tarogong Kaler.

Kepala Project Ngumbara Lembur, H. Wawan Nurdin, S.Sos., M.Si mengatakan banyak sekali desa yang bisa dikembangkan menjadi Desa Wisata dan saat ini program pengembangan Desa Wisata sudah berjalan di lima desa yang meliputi Desa Jati, Desa Pasawahan, Desa Rancabango, Desa Mekarjaya, dan Desa Sukajadi.

“Terdapat lebih dari 100 desa di Kabupaten Garut yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan menjadi Desa Wisata, dan itu menjadi tantangan bagi Ngumbara Lembur untuk memaksimalkan sarana Pemerintah yang sudah dijalankan namun masyarakat masih belum bisa mengembangkan.” jelasnya.

“Dengan MoU bersama UNIGA, pelaksanaan dilapangan akan jauh lebih efektif. Sebab UNIGA memiliki jurusan-jurusan yang bidang ilmunya menjadi program kegiatan yang dikembangkan oleh Desa Wisata.” tutup Wawan.

Sementara Ketua Apdesi Jawa Barat, H. Dede Kusdinar, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyak sekali hal yang bisa dikerjasamakan dengan Universitas Garut, terutama dibidang pendidikan. Dengan adanya MoU ini saya berharap mudah-mudahan bisa mendongkrak dan memaksimalkan kebutuhan-kebutuhan masyarakat desa di Kabupaten Garut.

Terpisah Rektor Universitas Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng mengungkapkan bahwa ujung tombak dari pembangunan adalah desa, “Tentu ini menjadi suatu harapan bagi kita semua untuk bisa mewujudkan desa membangun, bukan membangun desa. Kami memiliki 29 Program Studi yang banyak diantaranya berkaitan dengan pelaksanaan kerjasama ini, salah satunya adalah Prodi Pariwisata yang relevan dengan konsep Desa Wisata.” jelasnya.

Ketua Bidang Kerjasama Universitas Garut, Dr. Widaningsih, M.SI mengungkapkan bahwa kolaborasi antara UNIGA, APDESI dan Ngumbara Lembur ini akan sangat bermanfaat untuk menjadi percontohan bagi pengembangan desa-desa lain.

“Jadi kelima desa ini nanti akan dijadikan pilot project untuk pengembangan Desa Wisata di desa-desa lain di Kabupaten Garut.” ungkapnya.

“Adapun kerjasama ini dilaksanakan dengan UNIGA adalah untuk pendampingan terhadap pembentukan Desa Wisata dalam kaitannya dengan pengembangan ekonomi, pertanian, maupun mengenai pengembangan desa itu sendiri.” tutup Widaningsih.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90