Pemerintah Kecamatan Lubai Ulu Gelar Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Iwan Brata

Kabupaten Muara Enim – Sosialisasi Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Di Kantor Desa Lubai Persada Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim dilaksanakan pada Rabu (26/8/2021).

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Muara Enim, Dr.Sarban Sarjono,SH, dan Kasubag Agama dan Ketahanan Kemasyarakatan Kesbangpol, Andri Afriandi,SH.

Tampak hadir Camat Lubai Ulu, Wien Wierma Putra,S.STP.,M.si, Kasi Trantib Lukman Hakim,SP.MM. Kapolsek Rambang Lubai, AKP Apriansyah,SH.,M.Si, PLH Kades Lubai Persada, toko agama.

Pemeliharaan dan pembinaan kerukunan umat beragama menjadi tanggung jawab pemerintah dalam mengayomi serta memberikan rasa aman, keadilan, kebebasan, dan jaminan kepastian hukum kepada setiap individu.

Hal itu disampaikan oleh FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Muara Enim sebagai narasumber.

“Agar pembinaan kerukunan umat beragama terus terjaga meningkat, peran tokoh agama, adat, dan seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan. Ini akan menjadi modal berharga menjamin kesinambungan pembangunan daerah,”ungkapnya.

Dalam melaksanakan pembinaan tersebut, lanjutnya, masyarakat hendaknya selalu mengedepankan prinsip keadilan, kerukunan, dan keharmonisan, sehingga terwujud masyarakat adil dan makmur yang berdasarkan pancasila dapat segera terwujud.

“Kita juga harus mampu mendorong pembinaan kerukunan antarumat beragama, sehingga tercipta suasana kehidupan yang harmonis dan saling menghormati, dalam semangat kemajemukan melalui dialog dan kerja nyata,” tuturnya.

Pemberdayaan FKUB dengan upaya pemberdayaan FKUB, diharapkan terwujudnya suasana yang kondusif bagi FKUB, untuk melaksanakan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya dalam pemeliharaan KUB melalui program kegiatan berikut :

– Mengadakan konsolidasi kelembagaan/organisasi FKUB
– Mengadakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi/lembaga/organisasi yang bergerak dalam membina KUB.
– Mengadakan dialog, diskusi, pengkajian dan penelitian masalah yang berkaitan dengan KUB
– Membina dan memfungsikan kader-kader KUB dari semua ini
– Membangun net working/jaringan kerja dengan lembaga/organisasi yang bergerak dalam membina KUB
– Meningkatakan kualitas personal kepengurusan FKUB melalui pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan KUB, diskusi, pelatihan, dan sejenisnya, agar setia pengurus memiliki komitmen dan tanggung jawab yang tinggi
– Mengadakan rapat, pertemuan, workshop, reformasi kepengurusan dan evaluasi untuk mengetahui kendala dan sekaligus perkembengan kegiatan organisasi/kelembagaan

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90