Suryanto, Warga Kab.Subang Ciptakan Mesin Pembakar Sampah Tanpa Asap Berbasis Tenaga Surya Arduino

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Abd.Rahman

Kabupaten Subang – Berawal dari predikat Juara Pertama Unggulan Lomba TTG tingkat Kabupaten Subang, kreatifitas Suryanto warga Kampung Kebon RT 07 / RW 03, Desa Bojonegara, Kecamatan Tambak Dahan, Kabupaten Subang, terus terasah, hingga dirinya kini mampu membuat mesin pembakaran sampah tenaga surya tanpa asap yang berbasis Audorna.

Alat pembakaran sampah tersebut berkapasitas lebih besar, hingga bisa menampung 8 m3 sekali bakar.

Menurut pengakuannya, Suryanto membutuhkan waktu lebih kurang 6 bulan untuk dapat menciptakan alat tersebut, dengan dua mode pengendalian yaitu menggunakan remot dan memanfaatkan internet melalui Google Assistant sehingga berbasis Internet Off Think.

“Untuk tenaganya sendiri bisa menggunakan tenaga Listrik maupun tenaga Matahari karena merupakan panel Surya,” tuturnya, Selasa (24/08/2021).

Karyanya tersebut sudah dipamerkan di desanya dan mendapat apresiasi dari Bupati Subang yang datang meninjau beberapa waktu lalu.

Rancangan Alat Pembakar Sampah Tanpa Asap yang diciptakan Suryanto, diklaim minim polusi, “Setiap sampah yang dimasukan akan dibakar dalam tungku pembakaran yang diyalakan melalui gawai jarak jauh atau juga bisa menggunakan remot,” terangnya.

Disebutkan, suhu pembakaran bisa mencapai 500° Celcius, “Sisa pembakarannya nanti bisa digunakan untuk pembuatan bahan Vapingblok,” tambahnya.

Diakui Suryanto, untuk pembuatan satu unit alat pembakar sampah tersebut dirinya harus merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah, namun hal tersebut terbayarkan dengan alat yang dihasilkan.

Dan saat ini Suryanto menyempurnakan Tempat Pengelolaan Sampah (TPS), yang pengerjaannya telah selesai sejak awal bulan Agustus 2021 ini.

Suryanto berharap dengan mesin ciptaannya dapat memotivasi warga lainnya untuk berkreasi yang hasilnya dapat bermanfaat untuk masyarakat luas.

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60