SMAN 1 Rancabungur Dipilih Kementerian Dikristek Sebagai Sekolah Penggerak

  • Whatsapp
banner 468x60

Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Ketua FKKS 69 SMA/SMK/SLB Jawa Barat)

Benar ungkapan bijak yang mengatakan, “Bila kita fokus, cius dan cinta pada pekerjaan maka akan melahirkan prestasi”. Adalah sosok H.Tata Muhammad Sayid, seorang kepala sekolah muda yang telah menorehkan prestasi terbaiknya dengan membawa SMAN 1 Rancabungur sebagai sekolah penggerak.

Menjadi kepala sekolah penggerak tentu tak mudah. Pendaftar sekolah penggerak awalnya 20 ribu, submit 15 ribu dan diseleksi gelombang pertama hanya 2.500 kepala sekolah se Indonesia dari semua jenjang. Bersama H.Tata Muhammad Sayid, SMAN 1 Rancabungur menjadi pilihan Kementerian Pendidikan dan Ristek sebagai sekolah penggerak.

Sosok H.Tata Muhammad Sayid adalah tipe manajerial yang calm, berintegritas dan tidak neko-neko, Namun kinerja dan prestasi dalam memimpin satuan pendidikan menjadi utama. Tidak banyak bicara tetapi kerja, kerja dan kerja. Sosok pemimpin yang santun, ramah pada bawahan namun prestatif dan teladan.

Apa yang sudah dilakukan oleh sosok H.Tata Muhammad Sayid selain membawa nama baik SMAN 1 Rancabungur sebagai sekolah pilihan Kementerian Pendidikan dan Ristek ? Diantara yang sudah dilakukan oleh dirinya adalah sebagai berikut :

Pertama, meningkatnya jumlah siswa yang diterima di jalur SMNPTN UNPAD. Meningkat hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Kedua, Kerjasama dengan IPB dalam penghijauan sekolah dan mendapatkan lebih dari 400 bibit buah dan pohon.

Ketiga, Untuk kesehatan GTK dan anak didik membangun kerja sama dengan puskesmas terdekat. Menyukseskan program vaksinasi khusus pelajar di sekolah.

Keempat, Dalam meningkatkan SDM GTK Ia mengadakan IHT, Workshop, MGMPS dan giat lainnya.

Kelima, Sejumlah siswa meraih prestasi mewakili Kabupaten Bogor ke tingkat provinsi, KSN bidang Astronomi dan IT. Anak didik dan pendidik di SMAN 1 Rancabungur merasa diberi peluang besar untuk tumbuh berprestasi dengan kepala sekolah baru H. Tata Muhammad Sayid.

Nampaknya H.Tata Muhammad Sayid menerapkan pendekatan “Emaslime” dengan baik.

Keenam, Fasilitas sekolah dibangun semakin indah dan nyaman. Ada lab TIK baru, toilet baru siswa yg bersih, taman baru, podium upacara, mesjid yang nyaman, air cukup, kolam ikan hias dan pemanfaatan lahan kosong dengan sayuran. Plus dapur hidup dan apotek hidup. Sekolah menjadi hidup dan bergairah.

Ketujuh, Dalam melayani tuntutan Kementerian Pendidikan dan Ristek terkait literasi, SMAN 1 Rancabungur menata perpustakaan dengan lebih menantang siswa untuk gemar membaca.

Sosok H.Tata Muhammad Sayid adalah tipe pemimpin yang tidak banyak bicara tapi banyak berkarya. Terpilihnya SMAN 1 Rancabungur sebagai sekolah penggerak menjelaskan kepemimpinan seorang kepala sekolah telah berhasil menembus kompetisi tingkat nasional.

Pepatah bijak mengatakan, “Seribu kata-kata tidak lebih hebat dari satu karya nyata”. Bicara dan berkata terbaik adalah bicara dan berkata dalam wujud karya dan prestasi. Sebagai sekolah pinggiran H.Tata Muhammad Sayid tahu persis bahwa eksistensi sekolah ada di prestasi dan layanan terbaik bagi semua anak didiknya. Bukan di letak geografisnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90