Wabup Sumedang Jadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke – 60

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Jeky

Kabupaten Sumedang – Wakil Bupati Sumedang  Erwan Setiawan selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang menjadi Pembina Upacara pada Peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang secara Virtual, dari Command Centre Kabupaten Sumedang, Sabtu (14/8/21).

Upacara diikuti oleh jajaran Mabicab Gerakan Pramuka Sumedang, Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sumedang, para Mabiran, Ketua Kwaran, para Mabigus, Pembina, dan anggota Pramuka se-Kabupaten Sumedang.

Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs.Budi Waseso yang dibacakan oleh Wakil Bupati disebutkan, Hari Pramuka sekaligus perayaan 60 Tahun Gerakan Pramuka mengharuskan seluruh rakyat Indonesia disiplin menahan diri, prihatin, dan berusaha membantu menanggulangi pandemi Covid-19.

“Itulah sebabnya, tema Hari Pramuka dan peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka adalah, “Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional”. Sementara slogan yang merupakan inti tema tersebut adalah “Pramuka Berbakti Tanpa Henti,” ucapnya.

Dikatakan Budi Waseso, peringatan Hari Pramuka Tahun 2021 juga ditandai dengan penetapan bulan Agustus sebagai Bulan Bakti Pramuka, sebagaimana ditetapkan dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional No. 094 Tahun 2021.

“Hal ini bukan berarti pada bulan-bulan lain Pramuka tidak mengadakan kegiatan bakti kepada masyarakat. Sudah jelas slogan kita “Berbakti Tanpa Henti”. Namun khusus di bulan Agustus, semua kegiatan bakti tersebut ditingkatkan, dilipatgandakan dan dimasifkan,” terangnya.

Ditambahkan Ketua Kwarnas, kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus mengkhawatirkan telah membuat banyak orang terkena dampaknya. Begitu pula di lingkungan Gerakan Pramuka.

“Kita tak boleh menyerah dan berputus asa, justru tantangan yang ada harus kita sikapi dengan semangat seorang pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong serta tabah,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah membentuk satuan tugas untuk membantu menanggulangi Covid-19.

“Berbagai hal telah dilakukan, mulai pembagian alat pelindung diri, melaksanakan vaksinasi untuk anggota Gerakan Pramuka, dan lainnya. Memasuki adaptasi kebiasaan baru, saya mengajak para pramuka untuk menjadi Duta Perubahan Prilaku,” imbuhnya.

Terakhir ia mengajak semua anggota gerakan Pramuka untuk terus berkegiatan kepramukaan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Salurkan kreativitas kakak-kakak dan adik-adik dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tak melanggar protokol kesehatan, namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penganugrahan Tanda Penghargaan Orang Dewasa berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 103 Tahun 2021.

Dilakukan pula penganugrahan seragam Pramuka di satuan pendidikan Kabupaten Sumedang ditandai dengan penyerahan Panji Pramuka kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90