SMKN I Garut Laksanakan Pembelajaran Praktek Secara Daring

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Fitri

Kabupaten Garut – Dimasa pandemi Covid-19 ini, proses pembelajaran harus dilakukan secara daring, hal tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Sama halnya dengan pembelajaran praktek di SMKN 1 Garut dilakukan secara daring.

“Untuk pembelajaran tetap daring, kita ada aplikasi mulai dari ngabsen, webinar sampai tugas atau video unggah dan guru langsung tetap tatap muka dengan siswa di dunia maya yang bisa melihat kegiatan langsung siswa di rumah,” ucap Wakasek Kurikulum SMKN 1 Garut, Hani Ariani, M.Pd., saat ditemui di kantor SMKN 1 Garut, Senin (9/8/2021).

Dikatakannya, adapun untuk praktek tentu tidak bisa tutup mata bahwa SMK itu perlu adanya praktek namun dalam situasi seperti ini tidak bisa dilakukan secara langsung namun harus secara daring.

“Untuk sementara ini kita untuk yang praktek ngambil yang hal-hal yang krusial contohnya untuk pembinaan siswa berprestasi yang mau lomba baru kita lakukan pemanggilan itu tentu dengan protokol kesehatan,” ucapnya.

Menurutnya, kemudian ketika menjelang ada uji kompetensi, siswa yang datang tidak lebih dari 30, dan sekelas hanya 12 orang dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Meskipun pembelajaran praktek tersebut efektif atau tidak efektif, tetapi itu harus dilakukan adaptasi di zaman pandemi seperti ini.

“Kita tidak bisa berbicara ini efektif atau tidaknya karena kondisinya pandemi, mengikuti kebijakan dari pemerintah saja,” tandas Hani.

Sementara Wakasek Kesiswaan, Nurdin,ST.,M.Pd. mengatakan di SMKN 1 Garut yang daftar tahun ajaran 2021-2022 sekitar 1120 Orang, namun tidak bisa menampung semuanya, pasalnya kondisi rumbel yang terbatas hanya 24 Tingkat, dan bisa merima 864 siswa.

“Tetapi karena memang belum ada kebijakan yang resmi terkait dengan pembelajaran tatap muka dari pemerintah baik pemerintah provinsi maupun pusat maka sesuai dengan instruksi atau edaran tahun 2020 kita masih mengacu pada surat edaran itu bahwa pelaksanaan pembelajaran itu masih bersifat daring baik itu virtual tatap muka atau virtual tugas,” ujar Nurdin.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90