Presiden Jokowi Buka Gelar Buah Nusantara

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Arief

Kabupaten Sukabumi – Presiden Republik Indonesia, H.Joko Widodo membuka Gelar Buah Nusantara (GBN) ke 6 tahun 2021 secara virtual, Wakil Bupati Sukabumi, H.Iyos Somantri tampak mengikuti acara tersebut dari Pendopo Sukabumi, Senin (9/8/2021).

Dalam arahannya, H.Joko Widodo mengajak masyarakat lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan lokal Indonesia karena mengandung banyak vitamin dan harganya terjangkau.

“Di masa pandemi seperti ini, kita harus menjaga stamina dan meningkatkan imun tubuh dengan mengonsumsi buah dan sayur. buah-buahan di kita beraneka ragam,” ujarnya.

Presiden meminta semua jajaran mengedukasi masyarakat akan penting dan manfaatnya mengonsumsi buah-buahan lokal. Hal itu agar semua generasi mencintai buah-buahan Nusantara.

“Jadikan kegiatan ini sebagai momentum kebangkitan buah nusantara. Sehingga, buah-buahan nusantara berdaya saing dan mengurangi ketergantungan eskpor,” ucapnya.

Selain itu, mengonsumsi buah-buahan nusantara bisa mendorong semangat para petani lebih produktif dan sejahtera, Apalagi dengan potensi pasar ekspor yang masih terbuka lebar.

“Peluang ekspor masih terbuka. Kita selama ini mengekspor nanas, pisang, manggis, dan beberapa buah nusantara lainnya ke sejumlah negara,” ungkapnya.

Buah Nusantara harus semakin berdaya saing, baik dari sisi harga maupun kualitas, oleh larena itu, ekosistem usaha buah nusantara harus ditata dari hulu ke hilir.

“Akses pemodalan, teknologi, dan promosi harus ditingkatkan. Kita hadirkan strategi pemasaran yang baik lewat kecanggihan teknologi,” bebernya.

Usai mengikuti acara, Wakil Bupati Sukabumi, H.Iyos Somantri mengatakan, di Sukabumi sering diadakan festival buah untuk mengenalkan potensi buah lokal. karena itu, adanya GBN ini semakin memacu semangat menyosialisasikan berbagai buah nusantara.

Bahkan sejumlah buah lokal Sukabumi sudah ada yang diekspor seperti manggis yang beberapa tahun belakangan ini sering diekspor

“Selain untuk dinikmati masyarakat Sukabumi sendiri, manggis sudah diekspor. Ke depan, untuk ekspor kita akan memersiapkan buah lainnya” pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 468x60