34 Warga Terpakai Jalan Arah Buricak Burinong Sumedang Berharap Realisasi Penggantian Terjadi Di Tahun 2021

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Jeky

Koran Sinar Pagi, Sumedang,-  Sebanyak 34 warga yang tanah nya terpakai oleh Pemkab Sumedang, dari  Dusun Kramat  Desa Cigintung menuju ke lokasi wisata Buricak Burinong sepanjang 1 km berharap realisai penggantian  benar – benar terjadi di APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 ini.
Hal itu diungkapkan seorang Tim Kuasa dari 34 warga tersebut, Ujang Rohendi selaku sekretaris Tim Kuasa mewakili Ketua Tim, Dodong Sadili, kepada koransinarpagijuara.com di rumah nya,  Rabu, ( 4/8/21).
” Tim ( Kuasa) sudah memperjuamgkan hingga mengadakan audensi ke DPRD Sumedang belum lama ini. Dan saat itu Ketua DPRD memutuskan untuk  diganti  oelh Pemkab Sumedang”, ujar Ujang Rohendi.

Berikut nya, kata dia, penggantian itu sudah dianggarkan di APBD Perubahan tahun 2021 ini.

” Nilai penggantian total nya mencapai Rp 900 jutaan”, tandas Ujang.

Jumlah itu, jelas nya, dari penggantian lahan seluas 4.728 meter persegi sepanjang kurang lebih 1 kilo meter.

Dari luasan itu, katanya, lokasi 21 orang merupakan warga Desa Cigintung, Kecamatan Cisitu, sementara 13 orang lagi, lokasinya ada di Desa Paku Alam
namun  ke tigabelas orang itu juga masih merupakan warga Desa Cigintung.

Dari kronologis nya, diterangkan Ujang, awlanya jalan itu merupakan jalan setapak, kemudian  dipakai oleh Perhutani untuk melintas mengangkut haisil hutanya.

Kemudian sejak tahun 1999, Pemkab Sumedang menggunakanya untuk jalan penyambung dua desa dari dua kecamatan,  dengan dilakukan pengaspalan.

” Namun disayangkan kejadian itu tidak ada permohonan ke warga yang 34 orang tadi untuk diserahkan ke Pemkab Sumedang. Hingga berikutnya muncul masalah”, jelas nya.

Namun kini, ungkap nya lagi, permasalah itu sudah ada titik penyelesaian dengan akan digantinya lahan terpakai jalan dari 34 warga tadi,

” Dan kami berharap penggantianya  benar – benar tereliasi di Anggaran Perubahan tahun 2021 ini jangan sampai terpakai oleh anggaran lainya. Karena harapan 34 warga tersebut sudah berlangsung sejak 20 tahun lamanya”, pungkas Ujang Rohendi.

Pos terkait

banner 468x60